Nest: Sebuah Inovasi Desain Klinik Gigi oleh Pao-Chieh Chou

Merangkul Estetika Alami dalam Menciptakan Pengalaman Penyembuhan yang Menenangkan

Desain interior klinik gigi yang unik, menggabungkan teknologi canggih dan estetika alami untuk menciptakan pengalaman yang menenangkan bagi pasien.

Desain interior memiliki peran penting dalam menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan, terutama dalam konteks klinik gigi. Pao-Chieh Chou, seorang desainer berbakat, telah menciptakan sebuah konsep desain yang revolusioner untuk klinik gigi yang diberi nama "Nest".

Inspirasi untuk desain ini berasal dari lokasi klinik yang berada di sudut bangunan unik. Chou berusaha memaksimalkan efektivitas ruang komersial dengan menciptakan pencahayaan dan tata letak yang cermat. Dengan memanfaatkan keuntungan pencahayaan 270 derajat, Chou menginstal jendela besar dari lantai ke langit-langit di pintu masuk dan memindahkan tangga ke depan. Konsep proyek ini didasarkan pada citra sarang, mencerminkan tampilan bulat dan elegan bangunan serta fungsi baik area belanja di sekitarnya.

Desain "Nest" ini menonjol karena penggunaan kurva tiga dimensi yang unik dan atmosfer yang sederhana. Semua elemen dalam ruangan memiliki makna luar biasa. Material unik dan permukaan melengkung membentuk pengalaman visual yang berbeda. Kurva tiga dimensi di interior menciptakan ritme, dengan setiap kurva dibuat unik melalui teknik pengeboran, pengaturan, dan perakitan CNC.

Chou menggunakan cat mineral dengan tekstur halus untuk menciptakan kurva organik setiap dinding. Tekstur buatan tangan memberikan cat tekstur sempurna yang mirip dengan kulit manusia, membuat ruangan tampak bernafas seperti kulit, menciptakan suasana yang tenang. Material bangunan yang digunakan mencakup kayu solid, pebble dashing, rotan, kaca, cat mineral, kayu, bunga kering, semen ringan, dan lainnya. Skema warna didasarkan pada konsep 'alami' dan 'murni'.

Proyek ini diselesaikan pada Februari 2023 di Taiwan. Meski tantangan dalam menyelesaikan ruang komersial seluas 280,9 meter persegi dalam waktu singkat sangat besar, Chou berhasil mengatasi tantangan tersebut dengan tiga teknik presentasi, yaitu lantai tanpa sambungan, kurva tiga dimensi, dan perubahan posisi tangga.

Desain "Nest" ini telah mendapatkan penghargaan Silver dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang menunjukkan keahlian dan inovasi luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: PAO-CHIEH CHOU
Kredit Gambar: Yuanpei interior Decoration Co., Ltd.
Anggota Tim Proyek: PAO-CHIEH CHOU
Nama Proyek: Nest
Klien Proyek: PAO-CHIEH CHOU


Nest IMG #2
Nest IMG #3
Nest IMG #4
Nest IMG #5
Nest IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang