Minimum Aesthetic Space: Inovasi dalam Desain Kemasan Berkelanjutan oleh Tsunaguwork's Ltd.

Meredefinisi Kemasan Ekstensi Bulu Mata dengan Pendekatan Ramah Lingkungan dan Fungsional

Desain kemasan yang berkelanjutan dan minimalis dari Tsunaguwork's Ltd. menawarkan solusi inovatif untuk penyimpanan ekstensi bulu mata yang efisien dan ramah lingkungan.

Desain kemasan profesional untuk ekstensi bulu mata biasanya menggunakan plastik, dan belum ada upaya yang signifikan untuk mengumpulkan dan mendaur ulangnya. Tsunaguwork's Ltd., melalui proyek Minimum Aesthetic Space, mengusulkan desain yang menyelesaikan masalah ini. Dengan menggunakan kemasan ini, salon kecil pun dapat terlibat dalam aktivitas berkelanjutan. Kemasan ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga kompak dan memiliki desain yang sangat terlihat, memahami fungsionalitas dan ruang perawatan saat digunakan.

Yang membuat kemasan ini unik adalah fungsionalitas dan kepedulian terhadap lingkungan. Pertama, kemasan ini ramah lingkungan. Mengingat penggunaan komersialnya yang besar, jumlah plastik yang digunakan berkurang lebih dari 80% dibandingkan dengan kemasan ekstensi standar. Kedua, bagian dalam kemasan dirancang dengan hati-hati untuk mencegah setiap ekstensi bulu mata yang halus saling bersentuhan. Terakhir, kemasan ini dapat disimpan dengan indah dalam ruang yang kurang dari dua pertiga kemasan konvensional.

Struktur kemasan, yang membuka sisi saat digeser untuk menunjukkan produk, merupakan pembaruan dari struktur standar produk yang sangat khusus. Saat disimpan, kemasan berbentuk prisma kompak, dan desainnya mempertimbangkan kegunaan, dengan identifikasi yang mudah dipahami berdasarkan warna dan notasi. Penggunaan plastik dikurangi untuk mengurangi dampak lingkungan.

Spesifikasi produk adalah sebagai berikut: dimensi produk: 22mm x 22mm x 120mm. Dalam metode konvensional penyimpanan dan penyimpanan ekstensi bulu mata, ekstensi bulu mata diletakkan rata pada piring, yang membutuhkan piring dengan area yang lebih besar daripada ukuran ekstensi bulu mata, membuatnya tidak nyaman untuk disimpan dan diangkut karena tidak kompak. Selain itu, baik piring dan kasing yang menampung piring tersebut terbuat dari plastik, yang tidak diinginkan dari perspektif perlindungan lingkungan global karena tren terkini untuk mengurangi debu plastik.

Desain ini dipresentasikan di Jepang pada April 2021 dan dianugerahi Good Design Award 2022 pada Oktober 2022 (Jepang). Desain ini juga telah memenangkan Bronze dalam A' Packaging Design Award pada tahun 2023. Bronze A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan kecerdasan. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.

Desain ini juga telah dipatenkan di Jepang dengan nomor paten Utility model registration No. (U3232162) 3232162. Dengan demikian, desain ini bukan hanya inovatif dan berkelanjutan, tetapi juga memiliki nilai intelektual yang diakui secara hukum.

Minimum Aesthetic Space oleh Tsunaguwork's Ltd. adalah contoh bagaimana desain dapat berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan sambil mempertahankan fungsionalitas dan estetika. Ini adalah langkah maju dalam desain kemasan yang berkelanjutan dan menunjukkan bagaimana inovasi dapat membantu mencapai tujuan lingkungan yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Tsunaguwork's Ltd.
Kredit Gambar: Tsunaguwork's Ltd.
Anggota Tim Proyek: Hitomi Ishihara Atsushi Nishikawa Reiko Ikami Kensaku Tsujino
Nama Proyek: Minimum Aesthetic Space
Klien Proyek: Tsunaguwork's Ltd.


Minimum Aesthetic Space IMG #2
Minimum Aesthetic Space IMG #3
Minimum Aesthetic Space IMG #4
Minimum Aesthetic Space IMG #5
Minimum Aesthetic Space IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang