Desain Komunikasi Visual Kontes Pidato CZBank

Universitas Zhejiang Gongshang Menciptakan Visual yang Menyentuh Akar Budaya

Perpaduan Unik Antara Teknologi dan Tradisi dalam Komunikasi Visual

Sebuah inovasi visual yang memikat telah dihadirkan oleh Universitas Zhejiang Gongshang untuk Kontes Pidato Pemuda CZBank. Dengan mengambil inspirasi dari akar pohon yang menyerap nutrisi, desain ini menggambarkan warisan budaya secara metaforis melalui penggunaan material transparan dan analogi mikrofon sebagai batang pohon. Inisiatif ini tidak hanya menciptakan dampak visual yang kuat tetapi juga dengan cerdas menarik perhatian generasi muda dan memudahkan pemahaman tentang transmisi budaya yang tak terlihat.

Kontes Pidato Pemuda CZBank merupakan acara budaya tahunan yang penting. Tema kontes pidato tahun ini adalah "Mewarisi Budaya Seperti Akar, Menciptakan Masa Depan yang Lebih Baik". Peserta utama adalah para pemuda, dan tantangan terbesar adalah merancang solusi yang dapat diterima dengan baik oleh mereka. Konsep desain kreatif ini menggabungkan mikrofon pidato dengan akar pohon dalam bentuk garis 3D, menggunakan bentuk yang saling terkait untuk representasi yang menyatu, mencerminkan tema dengan sempurna.

Visualisasi acara pidato biasanya lebih tradisional dan kurang memiliki representasi visual yang dirancang khusus. Jarang sekali kita melihat kesan visual yang seyogianya seperti konsep desain ini. Ini merupakan langkah positif dan eksplorasi dalam dunia visual acara pidato perbankan. Dengan pergeseran strategis CZBank yang menargetkan pemuda sebagai basis pelanggan mereka, penerapan visual utama ini untuk acara tersebut telah mendapatkan identifikasi dari individu muda.

Proyek ini memulai fase desain pada April 2022 dan selesai pada Juni 2022. Secara resmi dirilis pada Juni 2022. Dalam merancang visual utama untuk acara ini, pertimbangan penuh diberikan untuk adaptasi dengan berbagai skenario aplikasi dalam kontes pidato. Ekstensi desain yang sesuai dibuat untuk poster acara, tempat pidato, dan promosi luar ruang, memastikan bahwa baik pembicara maupun anggota audiens dapat memiliki pengalaman yang menarik secara visual melalui media, siaran langsung, dan kehadiran di tempat.

Di bidang perbankan, acara pidato biasanya lebih tradisional dan kurang memiliki representasi visual yang dirancang khusus untuk pemuda. Jarang sekali kita menemukan kesan visual yang seyogianya seperti desain ini, menjadikannya langkah positif dan eksplorasi dalam dunia visual acara pidato perbankan. Proyek ini diberikan oleh CZBank untuk merancang visual utama untuk Kontes Pidato Pemuda mereka tahun 2022. Menggabungkan mikrofon pidato dengan akar pohon dalam bentuk garis 3D, menciptakan elemen grafis utama untuk representasi visual acara. Bentuk akar pohon yang saling terkait digunakan untuk representasi yang menyatu yang mencerminkan tema.

Desain ini telah dianugerahi Bronze dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2024. Bronze A' Design Award diberikan kepada desain-desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Kan Zhao
Kredit Gambar: Kan Zhao
Anggota Tim Proyek: Designer: Kan Zhao
Nama Proyek: CZBank Youth Speech Contest
Klien Proyek: CZBank


CZBank Youth Speech Contest IMG #2
CZBank Youth Speech Contest IMG #3
CZBank Youth Speech Contest IMG #4
CZBank Youth Speech Contest IMG #5
CZBank Youth Speech Contest IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang