Desain Mangkuk Hewan Peliharaan Kama Muta: Estetika Alami dalam Fungsi

Inovasi Mangkuk Peliharaan Berbentuk Jamur oleh Kama Muta

Inspirasi dari alam seringkali membawa keindahan dan fungsi dalam harmoni yang sempurna. Kama Muta, seorang desainer yang terkenal, telah menciptakan sebuah mangkuk hewan peliharaan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan fisiologis hewan kesayangan, tetapi juga menambahkan sentuhan estetika alami ke dalam lingkungan rumah.

Desain mangkuk hewan peliharaan yang terinspirasi dari bentuk jamur ini adalah perpaduan antara kepraktisan dan keindahan ekologis. Dengan garis-garis halus yang menggambarkan pertumbuhan jamur, mangkuk ini dirancang untuk membangkitkan rasa vitalitas. Penerapan elemen botani dalam peralatan hewan peliharaan ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi dan rasa hormat terhadap alam.

Keunikan dari mangkuk hewan peliharaan ini terletak pada perhatian terhadap kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan, memberikan pengalaman makan yang menyenangkan bagi makhluk yang lucu ini. Tinggi, bentuk, dan kedalaman mangkuk dirancang sesuai dengan fisiologi dan kebiasaan makan hewan peliharaan untuk memastikan mereka dapat makan dengan mudah sekaligus mencegah tumpahan makanan. Desainnya yang berbentuk jamur menambahkan elemen alami ke lingkungan makan.

Para pengrajin keramik dengan hati-hati memoles bahan tanah liat secara manual, kemudian mengglasi dan membakarnya dengan teknik pembuatan keramik tradisional, menggabungkan budaya tanah dan api ke dalam setiap mangkuk hewan peliharaan sebagai jejak budaya. Proses underglaze dapat mengunci cat berwarna di dalam mangkuk tanpa kehilangan warna, yang juga menghindari pelarutan atau penetrasi zat berbahaya untuk keamanan makanan.

Spesifikasi teknis dari produk ini mencakup dimensi 72,5 mm x 52 mm x 26 mm. Mangkuk ini dirancang dengan mulut lebar yang bulat, pemisahan makanan kering dan basah, serta desain anti percikan. Chen Liang, sebagai anggota tim desain, turut berkontribusi dalam penciptaan mangkuk hewan peliharaan yang inovatif ini.

Interaksi desain yang dirancang memastikan kenyamanan saat makan bagi hewan peliharaan. Alur mangkuk yang menyempit ke dalam dapat menjaga makanan atau air tetap di dalam mangkuk untuk menghindari percikan saat hewan peliharaan terlalu bersemangat atau kasar menikmati makanannya, sehingga menjaga kebersihan area makan. Selain itu, produk dengan berbagai ukuran memiliki bentuk mangkuk yang dangkal dan dalam, yang dapat memisahkan makanan kering dan basah.

Proyek ini diluncurkan pada bulan September 2022, selesai pada Februari 2023 di Shenzhen dan dipublikasikan pada Juli 2023 di Shenzhen. Penelitian yang mendasari desain ini menunjukkan bahwa kualitas hidup, kebiasaan makan, dan kesehatan hewan peliharaan menjadi fokus di kalangan pemilik hewan peliharaan, mendorong pertumbuhan pasar untuk peralatan hewan peliharaan seperti mangkuk makan. Namun, mangkuk hewan peliharaan yang terlihat membosankan dan kurang menarik yang tersedia di pasar dirancang secara kasual, membuat pemberian makan atau air menjadi sulit dengan percikan makanan atau air, meningkatkan tugas pembersihan.

Tantangan utama dalam penelitian dan pengembangan mangkuk hewan peliharaan adalah menciptakan produk yang menonjol di antara produk serupa dan menghasilkan mangkuk hewan peliharaan yang praktis dan menarik. Dengan mengambil inspirasi dari alam dan belajar dari bentuk jamur, mangkuk hewan peliharaan ini memiliki desain estetika yang unik. Desain ilmiah juga menawarkan pengalaman makan yang optimal bagi hewan peliharaan, dan permukaan mangkuk keramik yang halus dan mudah dibersihkan menjauhkan sisa makanan atau bakteri untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan.

Desain mangkuk jamur ini menonjol karena kegunaannya yang nyaman, keamanan makanan yang luar biasa, dan desain yang mengesankan. Ukuran dan kedalaman mangkuk telah ditentukan dengan cermat setelah penyelidikan menyeluruh tentang perilaku fisiologis dan makan hewan peliharaan, memungkinkan mereka untuk mengonsumsi makanan mereka secara alami dan mengurangi ketidaknyamanan saat menelan. Material keramik yang mudah dibersihkan dan tahan luntur juga menawarkan kebersihan makanan yang lebih baik bagi hewan peliharaan. Selain itu, penampilan mangkuk yang terinspirasi dari bentuk jamur, dengan mulus membawa keindahan alam ke dalam kehidupan sehari-hari.

Desain ini telah dianugerahi Bronze dalam A' Pet Care, Toys, Supplies and Products for Animals Design Award pada tahun 2024. Bronze A' Design Award diberikan kepada desain-desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Terkenal karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keahlian teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Chen Liang
Kredit Gambar: Chen Liang
Anggota Tim Proyek: Chen Liang
Nama Proyek: Mushroom
Klien Proyek: KAMA MUTA


Mushroom IMG #2
Mushroom IMG #3
Mushroom IMG #4
Mushroom IMG #5
Mushroom IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang