Drift: Inovasi Keramik Antibakteri oleh Nikolaos Karintzaidis

Menggabungkan Seni dan Teknologi dalam Desain Keramik

Inspirasi dari Lanskap Alam Emirates

Desain yang terinspirasi dari lanskap alam Emirates ini berhasil menangkap esensi tempat sambil membawa pemandangan fisik ke dalam produk buatan. Pola linier yang meniru gurun pasir dan kontur tanah yang dibentuk oleh angin, diterjemahkan ke dalam geometri yang fluid. Desain ini merujuk pada geografi lokal yang unik, di mana bukit pasir dan kontur tanah yang dibentuk oleh angin menggambarkan bagaimana jejak manusia berpotongan dengan jejak waktu.

Keunikan Modulasi Keramik

Panel keramik ini tidak hanya berdiri sendiri tetapi juga dapat mengembangkan pola kontinuitas visual melalui modulasi, sebuah proses terbuka yang merujuk pada motif Islam yang berkembang secara tak terbatas. Kombinasinya menghasilkan pola geometris dengan rotasi sederhana lempengan, untuk mencapai tingkat kustomisasi maksimum dengan penggunaan elemen konstruksi minimal. Modul ini menyeimbangkan antara geometris dan abstrak untuk cocok dengan berbagai lingkungan dan suasana, dengan aplikasi yang berkisar dari skala kecil hingga besar.

Teknologi Realisasi Desain

DYS adalah layanan dekorasi permintaan yang serbaguna dan dipatenkan oleh Iris Ceramica, yang memungkinkan produksi dekorasi apa pun pada permukaan keramik. Hasilnya adalah kustomisasi unik yang mengubah keramik menjadi bentuk seni yang otentik. Dengan memanfaatkan kemungkinan pencetakan inovatif, dialog dinamis dengan teknologi dan kemajuan diwujudkan dengan menggabungkan abstrak dengan geometris. Gelombang kontinu menambah plastisitas pada permukaan datar, mencerminkan kontinuitas proses pencetakan dan fitur teknis di balik pembuatan lempengan keramik.

Spesifikasi Desain untuk Kesejahteraan

Bahan alami Active Surfaces menggabungkan sains dan desain untuk meningkatkan kesejahteraan di ruang hidup. Active Surfaces mengubah lempengan keramik menjadi material ekotif dengan empat properti superior yang antibakteri dan antiviral, antipolusi, anti bau, dan pembersihan diri yang disertifikasi sesuai standar ISO. Bahan ini dapat mendegradasi bakteri dan virus termasuk SARS-CoV-2, partikel polutan, dan molekul yang bertanggung jawab atas bau tidak sedap. Permukaan ekotif juga lebih tahan terhadap kotoran sehingga lebih mudah dibersihkan.

Interaksi Desain dengan Pengguna

Menghadapi gerakan dan plastisitas, getaran dan denyut mengaktifkan permukaan yang melengkapi tekstur dan taktilitas lempengan keramik. Dengan menggunakan tinta metalik dan penyesuaian tonal yang dikombinasikan dengan berbagai lempengan Iris Ceramica, pengguna dapat menambahkan kepribadian dan kekhasan dalam habitat domestik. Diterapkan sebagai cladding pada amplop bangunan, kombinasi geometris membentuk dialog dengan mutabilitas topografi dan lingkungan perkotaan.

Desain yang Memenangkan Penghargaan

Proyek ini selesai pada tahun 2023 dan telah dianugerahi Platinum dalam A' Building Materials and Construction Components Design Award pada tahun 2024. Penghargaan Platinum A' Design Award mengakui desain-desain kelas dunia yang luar biasa dan sangat inovatif yang menunjukkan profesionalisme, kejeniusan, dan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Penghargaan ini diberikan kepada estetika yang mendefinisikan era, yang memajukan batas-batas seni, sains, desain, dan teknologi, menunjukkan keunggulan transenden dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Kredit Gambar

Hak kekayaan intelektual dan kredit hak cipta untuk konten visual terkait desain ini adalah milik Studio Niko Kapa.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Niko Kapa
Kredit Gambar: Studio Niko Kapa
Anggota Tim Proyek: Niko Kapa
Nama Proyek: Drift
Klien Proyek: Iris Ceramica Group


Drift IMG #2
Drift IMG #3
Drift IMG #4
Drift IMG #5
Drift IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang