Aselsan Cluster Interface: Inovasi Dashboard Kendaraan Listrik

Desain Futuristik Ozge Fati Duman untuk Pengalaman Berkendara Optimal

Menyambut era kendaraan listrik, Aselsan Cluster Interface hadir sebagai terobosan dalam interaksi pengemudi dan dashboard.

Desainer Ozge Fati Duman telah menciptakan sebuah antarmuka instrumen klaster yang tidak hanya menonjolkan resolusi tinggi dan palet warna yang luas, tetapi juga meningkatkan pengalaman pengguna pada kendaraan listrik. Proses desain yang berfokus pada peningkatan salah satu titik sentuh paling krusial dalam lingkungan kerja pengemudi transportasi umum ini, berhasil mewujudkan rasa teknologi dan elektrifikasi yang kuat.

Sebagai komponen dari Sistem Kendaraan Listrik Aselsan, Aselsan Instrument Cluster menjadi titik penghubung antara pengemudi dan kendaraan. Desain UX/UI yang minimalis dan tajam ini dirancang untuk berinteraksi dengan pengguna tanpa meningkatkan beban kognitif. Komponen 2D digunakan bersamaan dengan grafis 3D yang berbayang untuk menambah kedalaman dan lapisan. Pesan peringatan dibedakan ke dalam kelompok warna sesuai dengan tingkat kritikalitas.

Desain ini diwujudkan melalui prototipe yang dibuat di Figma, menampilkan layar berukuran 12.3 inci dengan resolusi 1920 x 720 piksel. Interaksi dengan layar dilakukan melalui tombol-tombol yang terdiri dari tiga tombol seleksi gigi, sebuah knob putar untuk navigasi menu, dan tombol-tombol tambahan untuk fungsi rumah, kembali, dan penyesuaian kecerahan. Khususnya, karena kendaraan yang menggunakan klaster ini beroperasi di area dengan batas kecepatan, speedometer disetel hingga 25 km/jam.

Proyek ini dimulai pada Agustus 2021 di Ankara dan selesai pada Januari 2024. Penelitian pengguna dilakukan dengan pengemudi kendaraan komersial profesional, dan revisi dilakukan berdasarkan hasil penelitian tersebut. Tantangan kreatif dan teknis dalam menciptakan antarmuka yang ekspresif namun ramah pengguna dan menciptakan lingkungan kerja yang transparan untuk pengemudi berhasil diatasi.

Antarmuka Klaster Instrumen generasi baru Aselsan ini memungkinkan pengalaman pengguna yang baru dan intuitif sebagai bagian dari Sistem Kendaraan Listrik Aselsan. Dengan menggabungkan elemen minimalis 2D dengan grafis 3D yang berbayang, kedalaman dan lapisan yang ditingkatkan tercapai. Informasi penting seperti kecepatan, pengisian, dan penggunaan daya disampaikan dengan jelas melalui pengukur setengah lingkaran. Pesan peringatan yang dikodekan warna memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membedakan urgensi tindakan yang diperlukan.

Desain ini telah dianugerahi Silver dalam A' Interface, Interaction and User Experience Design Award pada tahun 2024, mengakui keunggulan kreatif dan inovasi profesional yang ditampilkan melalui karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa. Hak cipta milik Aselsan, 2023, dengan pendaftaran desain yang sedang diproses.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Ozge Fati Duman
Kredit Gambar: Image #1: Creator Ozge Fati Duman, Aselsan Instrument Cluster Interface, 2024. Image #2: Creator Ozge Fati Duman, Aselsan Instrument Cluster Interface, 2024. Image #3: Creator Ozge Fati Duman, Aselsan Instrument Cluster Interface, 2024. Image #4: Creator Ozge Fati Duman, Aselsan Instrument Cluster Interface, 2024. Image #5: Creator Ozge Fati Duman, Aselsan Instrument Cluster Interface, 2024. Video Credits: Creator Ozge Fati Duman, Aselsan Instrument Cluster Interface, 2024.
Anggota Tim Proyek: Ozge Fati Duman
Nama Proyek: Aselsan Cluster Interface
Klien Proyek: Aselsan


Aselsan Cluster Interface IMG #2
Aselsan Cluster Interface IMG #3
Aselsan Cluster Interface IMG #4
Aselsan Cluster Interface IMG #5
Aselsan Cluster Interface IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang