Ruang Kerja Kontemporer: Refleksi Chandigarh dalam Desain

Karan Arora Menghadirkan Gaya Brutalist dalam Office Space

Ketika Chandigarh bertemu dengan kekontemporeran, Karan Arora menghadirkan ruang kerja yang menggabungkan estetika brutalist dengan fungsionalitas modern.

Memasuki ruang kerja yang dirancang oleh Karan Arora, pengunjung akan langsung merasakan pengaruh kota Chandigarh yang kuat. Dengan tema yang sedikit rustic namun sangat kontemporer, desain ini menampilkan warna-warna khas dan palet kaya yang mencerminkan kota tersebut. Sebuah penghormatan terhadap palet brutalist, desain ini tidak hanya memberikan kenyamanan bagi penduduk lokal tetapi juga memperkenalkan kota kepada audiens internasional dengan cara yang elegan.

Terletak di area yang berkembang pesat di dekat Chandigarh, ruang kerja ACME menuntut pendekatan modern dan inovatif dalam hal fungsionalitas dan pengalaman. Penggunaan elemen-elemen spasial, material, dan finishing menjadi kunci utama dalam menyatukan seluruh ruang kerja ini. Perbedaan detail menjadi pemandu pandangan yang mengarahkan mata melintasi ruang kerja, dari lantai beton monolitik, langit-langit yang tinggi, tirai kayu klasik, hingga perabotan desainer dan instalasi langit-langit yang dinamis dan mencolok.

Desain ini tidak hanya unik karena estetikanya yang berani, tetapi juga karena teknologi realisasi yang digunakan. Detail kontras yang terdapat di seluruh ruang kerja ini mengarahkan pandangan dari lantai beton yang menyatu hingga ke langit-langit yang tinggi dan perabotan desainer, menciptakan sebuah instalasi langit-langit yang dinamis dan menjadi pernyataan. Bahkan ruang kantor terbuka yang biasanya fungsional, di sini diolah dengan desain langit-langit yang memberikan karakter dan warna 'kuning' yang menciptakan minat pada permukaan kerja.

Studio Vasaka, yang dipimpin oleh Karan Arora, menantang interior kantor 'plastik' stereotip dengan mengimplementasikan palet material alami brutalist di kantor ACME. Di seluruh kantor, dapat ditemukan penggunaan beton terbuka, batu bata, kayu, dan logam dalam cara yang ramping, modernis, dan penuh pernyataan. Dinding pemisah sebagian besar terbuat dari kaca, membuat ruang kerja terasa terhubung meski ada pemisahan fungsional antar ruang. Langit-langit terbuka memanfaatkan efektif tinggi ruangan yang ada. Ketika sinar matahari menerobos jendela, seluruh permainan volume, permukaan, dan material menjadi hidup.

Proyek ini dimulai pada Januari 2023 dan selesai pada Desember 2023. Setiap detail dalam desain perabotan tidak luput dari perhatian. Dari lantai beton monolitik yang menyatu hingga ke langit-langit yang tinggi, tirai kayu klasik, dan perabotan desainer, semuanya mengarah pada instalasi langit-langit yang dinamis dan berani. Secara keseluruhan, interior ini bertujuan untuk mencerminkan visi tim desain sebagai merek dan sebagai organisasi.

Desain ini telah mendapatkan pengakuan dengan dianugerahinya Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2024. Bronze A' Design Award merupakan penghargaan bagi desain yang luar biasa dan penuh kreativitas yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Penghargaan ini dihormati karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Studio Vasaka
Kredit Gambar: Photographer : Vaibhav Passi
Anggota Tim Proyek: Studio Vasaka
Nama Proyek: Contemporary Workspace
Klien Proyek: ACME


Contemporary Workspace IMG #2
Contemporary Workspace IMG #3
Contemporary Workspace IMG #4
Contemporary Workspace IMG #5
Contemporary Workspace IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang