China in the Classics: Warisan Budaya dalam Desain Kontemporer

Simbolisme dan Inovasi dalam Karya Zhou Haiwen, Che Shilong dan Guo Cheng

Memadukan tradisi dan modernitas, proyek "China in the Classics" menciptakan jembatan antara masa lalu dan masa kini melalui desain yang berakar pada warisan budaya.

Tim desainer yang terdiri dari Zhou Haiwen, Che Shilong, dan Guo Cheng telah menghasilkan sebuah karya yang tidak hanya memperkaya dunia desain tetapi juga menghidupkan kembali kisah klasik Tiongkok. "China in the Classics" adalah sebuah program budaya yang menggali cerita menarik dari klasik Tiongkok kuno dengan memilih karya-karya budaya terbaik dan meneliti proses penciptaan serta ideologi intinya. Program ini menggabungkan seminar budaya, drama, dan visualisasi untuk menghidupkan kembali klasik kuno, menunjukkan kebijaksanaan, etos, dan nilai-nilai Tiongkok yang tersirat dalam klasik tersebut.

Desain iklan yang dihasilkan sejalan dengan semangat dan citra program, dengan buku sebagai elemen utama desain. Buku klasik tidak hanya menjadi gambaran eksternal dari program secara keseluruhan, tetapi juga pembawa pengetahuan yang penting. Dalam desain itu sendiri, dekonstruksi dan ekspresi grafis digunakan untuk mengolah buku, sehingga orang dengan latar belakang budaya yang berbeda dapat dengan cepat memahami maknanya, memahami buku Tiongkok melalui grafis, dan memahami cerita serta semangat oriental di balik buku tersebut.

Teknologi realisasi desain ini mudah dipahami. Layar iklan berasal dari empati terhadap hal-hal spesifik dan presentasi artistik yang lengkap, yaitu dekonstruksi dan reorganisasi hal-hal yang akrab. Manusia adalah makhluk visual, dan warna serta garis yang berbeda memiliki emosi dan ekspresi yang berbeda. Gambar-gambar tersebut merujuk pada sejumlah besar buku kuno dari Timur dan Barat, seperti lembaran bambu Tiongkok, buku jahitan benang, gulungan kulit domba Barat, buku hardcover, dan lainnya. Ini kemudian diorganisir ulang menjadi simbol visual yang mudah dipahami. Penonton dapat dengan mudah merasakan emosi sejarah dari grafis dan mengeksplorasi cerita di balik grafis tersebut.

Spesifikasi desain ini mencakup artikel hadiah kreatif untuk kunjungan menteri pertukaran dan kerjasama luar negeri untuk China Media Group. Tema sentral - China in Classics, mengandung atribut budaya dalam hal bentuk kemasan kotak hadiah, visi, material, dan konten. Judul dari sepuluh klasik diproses secara grafis, menggabungkan imajinasi untuk publisitas luar negeri dari klasik tersebut, untuk membentuk simbol visual yang mudah dipahami. Judul tersebut dikombinasikan dengan kaligrafi Tiongkok. Ini merujuk pada gaya Tiongkok tradisional, seperti label Tiongkok, penataan buku kuno, dan lainnya. Material menggunakan kertas taktil khusus.

Desain ini diakui dengan penghargaan Bronze dalam A' Graphics, Illustration and Visual Communication Design Award pada tahun 2024, sebuah pengakuan atas desain yang luar biasa dan penuh kreativitas yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Penghargaan ini dihormati karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Proyek ini dimulai pada tahun 2022 di Tiongkok dan masih dipromosikan serta didistribusikan. Dalam penelitian desain spesifik, sejumlah besar buku kuno dari Timur dan Barat dirujuk, seperti lembaran bambu Tiongkok, buku jahitan benang, gulungan kulit domba Barat, buku hardcover, dan lainnya. Orang dengan latar belakang budaya yang berbeda dapat membaca cerita yang berbeda. Misalnya, orang yang akrab dengan karakter Tiongkok dapat menemukan kamus kata yang tersembunyi dalam simbol buku.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Zhou Haiwen, Che Shilong and Guo Cheng
Kredit Gambar: Illustrators, Creators: Zhou Haiwen, Che Shilong, Guo Cheng
Anggota Tim Proyek: Zhou Haiwen, Che Shilong, Guo Cheng
Nama Proyek: China in the Classics
Klien Proyek: China Global Television Network Co., Ltd.


China in the Classics IMG #2
China in the Classics IMG #3
China in the Classics IMG #4
China in the Classics IMG #5
China in the Classics IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang