DeafUP: Aplikasi Inovatif untuk Pendidikan dan Mentorship bagi Komunitas Tuna Rungu

Membuka Peluang dan Meningkatkan Keterampilan Sosial

Terlalu sering, bagi orang-orang tuna rungu, dunia terasa penuh dengan penilaian dan pembatasan. Akses terhadap pendidikan dan alat yang tepat sangat terbatas. Mudah merasa tidak mampu, terisolasi, dan terpinggirkan. Merasa terjebak menjadi hal yang biasa. Masyarakat umum tidak memahami tantangan unik yang dihadapi oleh orang-orang tuna rungu. Bukan salah mereka. Mereka tidak tahu lebih baik. Mereka belum menerima pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk berinteraksi secara efektif dengan populasi tuna rungu. Saatnya untuk berubah telah tiba.

DeafUP adalah aplikasi pendidikan dan mentorship yang memberdayakan kaum muda tuna rungu di Eropa Timur melalui pendidikan profesional inovatif untuk menjadikan mereka warga negara yang setara dalam masyarakat. Aplikasi ini menawarkan kolaborasi antara orang-orang tuna rungu dan yang dapat mendengar dalam lingkungan kerja, dengan tujuan utama meningkatkan komunikasi dan keterampilan sosial para pesertanya.

Apa yang membuat DeafUP berbeda adalah pendekatannya yang unik dalam memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berkolaborasi dengan mentor yang dapat mendengar. Aplikasi ini dirancang sebagai aplikasi native IOS 11 yang mengikuti panduan antarmuka manusia. Setelah diluncurkan, rencananya akan dibuat versi untuk material design. DeafUP berorientasi pada konten video karena ini adalah satu-satunya cara bagi orang-orang tuna rungu untuk berkomunikasi secara online. Untuk memudahkan komunikasi antara mentor yang dapat mendengar dan peserta tuna rungu, kami menciptakan obrolan grup dengan penerjemah bahasa isyarat. Desain ini diproduksi dengan menggunakan perangkat lunak grafis dan video.

DeafUP dirancang untuk digunakan dengan cara yang sama seperti pengguna berinteraksi dengan aplikasi pesan dan pendidikan online utama. Orang-orang menggulir ketika mereka penasaran, dan hanya mengklik ketika mereka cukup terdorong untuk melakukannya. Oleh karena itu, desain ini mendorong pengguna untuk menjelajahi narasi, dengan desain yang menghidupkan cerita tersebut. Interaksi klik diperlukan jika seseorang ingin mempelajari informasi yang berbeda, seperti deskripsi program, deskripsi kursus, gambaran pelajaran, pencarian, atau memesan sesi mentorship. Desain ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk menggeser konten.

Proyek DeafUP dimulai pada tahun 2019, namun desain aplikasi seluler ini lahir pada awal 2020. Tim kami tersebar di seluruh dunia, dengan kontribusi untuk desain ini berasal dari Bulgaria, Jerman, dan Amerika Serikat.

Penelitian kami dilakukan oleh Yayasan ListenUP - NGO yang paling berdampak dalam memberdayakan orang-orang tuna rungu di Eropa Timur. Penelitian ini dilakukan melalui pengamatan terhadap masalah dalam komunitas tuna rungu di Bulgaria, kelompok fokus, diskusi publik, pertemuan langsung dan telepon dengan penasihat kami - Lufthansa Jerman dan Menteri Pendidikan di Bulgaria.

Tantangan dalam desain ini tidak akan pernah berakhir. Kami menjelajahi dunia baru di mana kita berkomunikasi dengan cara yang berbeda. Disiplin kami yang berkelanjutan adalah memastikan bahwa aplikasi DeafUP adalah representasi terbaik di dunia dalam memberdayakan kaum muda tuna rungu untuk mengikuti impian mereka. Melalui antarmuka intuitif kami, kami membuat mungkin bagi pertama kalinya di Eropa Timur untuk mengatasi hambatan dalam komunikasi antara orang-orang yang dapat mendengar dan komunitas tuna rungu.

DeafUP memperlihatkan pentingnya pendidikan dan pengalaman profesional bagi komunitas tuna rungu di Eropa Timur. Mereka menciptakan lingkungan di mana para profesional yang dapat mendengar dan siswa tuna rungu dapat bertemu dan bekerja sama. Bekerja bersama akan menjadi cara alami untuk memberdayakan dan memotivasi orang-orang tuna rungu untuk menjadi lebih aktif, mengembangkan bakat mereka, mempelajari keterampilan baru, dan membuat perbedaan.

DeafUP adalah pemenang Silver A' Design Award dalam kategori Aplikasi dan Perangkat Lunak Teknologi Seluler di tahun 2020. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan profesional yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini, yang diakui karena karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, menampilkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan membangkitkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Zlatina Petrova
Kredit Gambar: Image #1: Illustrator Zlatina Petrova Image #2: Illustrator Zlatina Petrova Image #3: Illustrator Zlatina Petrova Image #4: Illustrator Zlatina Petrova
Anggota Tim Proyek: Zlatina Petrova
Nama Proyek: DeafUP
Klien Proyek: Zlatina Petrova


DeafUP IMG #2
DeafUP IMG #3
DeafUP IMG #4
DeafUP IMG #5
DeafUP IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang