Shard - Keajaiban Dinamika Batin

Interaksi yang Lebih Inklusif dan Terbuka dengan Desain Sales Office

Chongqing, China - Sebuah karya seni arsitektur yang menggabungkan keindahan alam dengan teknik dekonstruksi, Shard-The Power of Inner Dynamics, menciptakan ruang terbuka yang mengalir dan menggali pengalaman hidup baru. Desain ini tidak hanya sebuah sales office tradisional, tetapi juga sebuah karya seni yang membangun hubungan interaktif antara manusia, seni, dan ruang.

Desain Shard-The Power of Inner Dynamics terinspirasi oleh tren pegunungan dan batuan alami serta bentuk-bentuknya. Dengan menggunakan teknik dekonstruksi, desainer Qun Wen berhasil menciptakan ruang terbuka yang mengalir dan mengeksplorasi cara baru dalam berinteraksi dengan orang-orang. Bangunan ini dipandang sebagai karya seni kota yang menciptakan hubungan interaktif antara manusia, seni, dan ruang.

Salah satu keunikan dari desain ini adalah penggunaan komponen-komponen bangunan yang berbeda sebagai struktur yang terhubung dan menyusun kesatuan. Meskipun demikian, desain ini juga menghadirkan paradoks disrupsi yang menghubungkan tempat-tempat penting dengan kota. Fasad bangunan ini menggunakan komponen-komponen lipatan kertas aluminium yang membentuk karya seni tersendiri di kota dan memberikan semangat baru bagi kota tersebut.

Shard-The Power of Inner Dynamics memiliki luas bangunan sebesar 3000 meter persegi dengan dimensi lebar 82300 mm x kedalaman 24600 mm x tinggi 23600 mm. Desain ini merupakan hasil renovasi dari bangunan yang sudah ada sebelumnya. Renovasi ini tidak bertujuan untuk mendominasi dengan bentuk baru, tetapi lebih sebagai latar belakang yang penuh harapan bagi bangunan yang sudah ada dan berisi koleksi seni rakyat. Seluruh situs direorganisasi dengan menghubungkan kota kembali pada dirinya sendiri melalui topografi baru.

Desain Shard-The Power of Inner Dynamics berhasil mengatasi tantangan kreatif, teknis, dan penelitian yang ada. Desain ini memiliki misi dan karakteristiknya sendiri yang sesuai dengan lingkungan alam, atmosfer budaya, dan posisi proyek yang berbeda-beda. Aoe affairs construction group, yang bertanggung jawab atas proyek ini, lebih memperhatikan interaksi antara arsitektur dan alam, arsitektur dan masyarakat, serta arsitektur dan manusia.

Shard-The Power of Inner Dynamics bukan hanya sebuah sales office, tetapi juga sebuah galeri yang berfungsi sebagai tempat interaksi dengan orang-orang secara lebih inklusif dan terbuka. Penggunaan komponen-komponen lipatan kertas aluminium pada fasad bangunan ini menekankan sisi artistiknya. Dengan mengambil arsitektur sebagai media, desain ini bertujuan untuk menciptakan acara-acara bagi kota Chongqing, mendorong rasa partisipasi dan interaksi masyarakat, serta memberikan kehidupan baru bagi komunitas dan masyarakat sekitar.

Shard-The Power of Inner Dynamics telah meraih penghargaan Platinum dalam A' Design Award 2021 kategori Arsitektur, Bangunan, dan Desain Struktur. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa, inovatif, dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat. Desain ini menghadirkan estetika yang mendefinisikan era, memajukan batas seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keunggulan yang luar biasa dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Sumber Gambar: Huang Ligang


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Qun Wen
Kredit Gambar: Huang Ligang
Anggota Tim Proyek: Wen Qun, Gao Shixin, Li Jiarui, Li Gen, Liu Liuqing, Wang Ye
Nama Proyek: The Shard
Klien Proyek: Qun Wen


The Shard IMG #2
The Shard IMG #3
The Shard IMG #4
The Shard IMG #5
The Shard IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang