Ricky's Kitchen: Merangkai Keunikan Hong Kong dalam Desain Restoran

Fusi Gaya Hidup dan Keajaiban Arsitektur

Ricky's Kitchen, sebuah restoran yang menawarkan pengalaman kuliner yang unik dan menggabungkan berbagai elemen dari budaya Hong Kong, telah berhasil menciptakan desain yang mengesankan. Didesain oleh Alvan Suen, desain restoran ini menggambarkan keindahan dan keunikan kota Hong Kong dengan sentuhan futuristik yang menarik.

Inspirasi desain Ricky's Kitchen berasal dari pemandangan unik kota Hong Kong. Desain ini menggambarkan pemandangan "garis langit" yang melambangkan apa yang orang lihat di atas kepala mereka di tengah gedung-gedung tinggi. Struktur cantilever yang sering terlihat di kota ini juga dihadirkan secara abstrak untuk menciptakan kesan sempitnya jalan di tengah lahan yang sangat berharga.

Dinding utama desain ini terinspirasi oleh pemandangan malam kota Hong Kong, dengan penggunaan material yang melambangkan "hutan beton" yang menjadi julukan kota ini. Pencahayaan yang digunakan juga terinspirasi oleh lalu lintas di jalan raya yang terlihat melalui kamera dengan pengambilan gambar yang lama.

Salah satu keunikan desain ini adalah kemampuannya untuk menginterpretasikan dan mewujudkan esensi Hong Kong sambil tetap mempertahankan identitas merek. Dinding utama desain ini menggunakan material yang melambangkan hutan beton dan geometri yang menggambarkan fasad bangunan dengan balkon serta kepadatan kota. Pencahayaan yang digunakan mencerminkan cahaya rumah tangga di gedung-gedung. Atap dengan lampu LED putih di tengah melambangkan "Linear Sky Exposure" Hong Kong, sedangkan lampu Leon di kedua sisi menggambarkan lalu lintas di jalan raya dengan pengambilan gambar yang lama, melambangkan kemakmuran Hong Kong dan lalu lintas yang padat. Sentuhan futuristik ditambahkan dengan penggunaan lampu LED linear, portal mengambang dengan bambu, dan cermin tak terbatas yang didesain dengan menghormati desain asli.

Dalam merealisasikan desain ini, dinding utama tidak dibuat dan dipasang satu per satu, tetapi dalam beberapa panel yang sudah diprefabrikasi. Pola desainnya dirancang dengan menggunakan komputer. Selain itu, selama proses desain, rendering digunakan untuk menguji berbagai material dan menghitung intensitas cahaya serta suhu warna untuk semua pencahayaan. Untuk berkomunikasi dengan kontraktor di lokasi, selain gambar konstruksi, juga dibuat simulasi berjalan di dunia maya agar para pekerja dapat dengan cepat memahami proyek ini.

Ricky's Kitchen memiliki tata letak "T" yang menciptakan empat zona semi-privat untuk pertemuan dengan berbagai ukuran, termasuk kepala, dua sayap, dan bagian tengah. Bangku dengan meja yang dapat dipindahkan juga memberikan fleksibilitas dalam operasional untuk melayani kelompok tamu yang berbeda.

Proyek ini terletak di K11 Art Mall, Kowloon, Hong Kong. Desain dimulai pada Juni 2019 dan konstruksi selesai pada November 2019. Dalam mengembangkan desain ini, tantangan besar adalah memadukan elemen-elemen lokal Hong Kong dengan elemen-elemen Jepang. Kedua budaya ini memiliki keunikan dan signifikansi masing-masing. Namun, dengan berbagai ekspresi dalam ruang dan pemilihan material, desain ini berhasil menggambarkan kedua budaya tersebut.

Ricky's Kitchen telah meraih penghargaan Golden A' Design Award dalam kategori Interior Space, Retail, and Exhibition Design Award pada tahun 2020. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang luar biasa dan berdampak signifikan dalam dunia seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Alvan Suen
Kredit Gambar: Photographer: Yui Zhu, Kaman Tjang Video Credits: Yui Zhu, Kaman Tjang
Anggota Tim Proyek: Director: Alvan Suen Designer: Jesie Chan Designer: Hazel Ching Designer: Alan Tang Designer: Bryan Hui
Nama Proyek: Ricky's Kitchen
Klien Proyek: Alvan Suen


Ricky's Kitchen IMG #2
Ricky's Kitchen IMG #3
Ricky's Kitchen IMG #4
Ricky's Kitchen IMG #5
Ricky's Kitchen IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang