Model One: Radio Internet DAB dengan Desain Kayu yang Elegan

Menyatukan Keaslian Kayu dengan Teknologi Terkini

Model One adalah radio internet DAB yang menggabungkan keaslian bahan kayu dengan teknologi terkini. Desain kabinet kayu yang memukau ini menawarkan pengalaman mendengarkan musik yang unik sambil tetap menjaga kesan elegan. Dengan fitur pengisian daya nirkabel untuk ponsel, Model One memungkinkan pengguna menikmati musik dalam waktu lama sambil tetap terhubung dengan dunia luar.

Dalam proyek ini, desainer Ahmet Burak Veyisoglu menciptakan radio internet DAB yang berbeda dari yang lain. Model One memiliki desain yang unik dengan menggabungkan bahan kayu asli dengan pengisian daya nirkabel untuk ponsel. Kombinasi ini menciptakan gaya desain yang baru dan menarik.

Kabinet radio ini terbuat dari kayu khusus yang memungkinkan peningkatan ketebalan kabinet untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih baik. Panel kontrol dan penutup belakang terbuat dari plastik ABS yang tahan lama. Dengan dimensi lebar 250 mm x kedalaman 200 mm x tinggi 100 mm, Model One memiliki ukuran yang ideal untuk ditempatkan di berbagai ruangan.

Model One memiliki panel kontrol yang terletak di bagian depan. Terdapat layar OLED untuk menampilkan fungsi-fungsi yang dioperasikan melalui 2 knob dan kombinasi tombol. Terdapat juga pemutar CD terpisah yang terletak di bagian atas panel depan. Desain ini memastikan pengoperasian radio menjadi lebih mudah dan intuitif.

Proyek ini dimulai pada bulan Desember 2019 dan selesai pada bulan Maret 2020 di Hong Kong. Selama tahap penelitian, dilakukan survei online melalui email dengan bantuan saluran radio internet untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna. Berdasarkan hasil survei, persona pengguna dibuat dan pertanyaan-pertanyaan desain yang lebih terkait dengan produk ini diajukan kepada audiens yang lebih terpilih melalui wawancara online. Umpan balik yang diterima membuktikan pentingnya meningkatkan kesan "perasaan kayu" pada bagian depan radio dan kemampuan mengisi daya perangkat seluler saat menggunakan radio.

Tantangan dalam proyek ini adalah menciptakan desain yang unik dalam pasar radio kayu yang sudah jenuh dengan desain serupa. Proporsi dan keseimbangan visual antara kayu dan plastik menjadi fokus utama selama proses desain. Hasilnya adalah Model One, sebuah radio internet DAB yang menggabungkan keaslian material dengan teknologi terkini.

Model One telah meraih penghargaan Silver dalam A' Design Award 2021 kategori Audio dan Sound Equipment Design. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, mengesankan, dan inovatif yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini menampilkan karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, serta menimbulkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Ahmet Burak Veyisoglu
Kredit Gambar: Ahmet Burak Veyisoglu
Anggota Tim Proyek: Ahmet Burak Veyisoglu
Nama Proyek: modelone
Klien Proyek: Ahmet Burak Veyisoglu


modelone IMG #2
modelone IMG #3
modelone IMG #4
modelone IMG #5
modelone IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang