Desain V Series: Mesin Penghancur Kebun dengan Sentuhan Seni

Mengenal Desain Mesin Penghancur Kebun V Series karya Vladimir Zagorac

Mesin penghancur kebun V Series, yang dirancang oleh Vladimir Zagorac, merupakan hasil dari rebranding perusahaan yang lengkap. Didesain dengan menggunakan teknologi terkini, mesin ini memberikan kualitas kerajinan yang superior dan konsisten dalam batasan material yang ada. Penampilan mesin ini terinspirasi dari logo yang telah direvisi, dengan garis-garis tajam yang mengarah pada gerakan, permukaan datar yang besar, dan detail yang khas. Grafis yang mencolok digunakan untuk memperkuat arah utama bentuk dan menekankan dinamika.

Desain mesin penghancur kebun V Series memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari yang lain. Bagian kepala mesin ini dirancang menyerupai siluet khas Gunung Rtanj, di kaki gunung tersebut perusahaan ini berlokasi. Gunung ini memiliki banyak konotasi positif secara lokal yang membantu membangun kepercayaan. Bagian samping yang diperkuat mewakili kepala kuda, simbol kekuatan, kesetiaan, dan ketekunan, yang lebih mengaitkan dengan merek tersebut. Kekokohan ditonjolkan dengan adanya rusuk, sementara kesan keteraturan dan disiplin dicapai dengan penyambungan dan penempatan baut yang tersembunyi.

Mesin penghancur kebun V Series ini dibuat dengan menggunakan teknologi pengelasan baja yang dilapisi dengan serbuk atau dilapisi galvanis. Dalam hal spesifikasi teknis, mesin ini memiliki lebar 220cm, kedalaman 97cm, tinggi 87cm (untuk pegangan kerja 200cm), dan berat 400kg.

Mesin penghancur kebun V Series memiliki beberapa variasi dengan opsi kepala mesin dan perakitan output yang berbeda. Rangka penempelan samping memungkinkan tiga jenis penempelan pada traktor - depan, belakang, atau keduanya, dan tersedia dalam opsi penempelan manual atau hidrolik. Perakitan output tersedia dalam bentuk tirai karet atau pisau penghancur halus. Tiga pegangan kerja yang tersedia adalah 155, 180, dan 200cm. Model yang disajikan memiliki penyesuaian hidrolik, pemasangan depan dan belakang, serta tirai karet.

Proses perancangan dan pengembangan produk ini memakan waktu satu setengah tahun untuk diselesaikan. Proyek ini dilaksanakan di Belgrade dan Boljevac, Serbia.

Dalam merancang mesin penghancur kebun V Series ini, penelitian yang mendalam dilakukan. Bentuk fisik yang kuat didominasi oleh bentuk-bentuk tajam yang terarah dan detail-detail yang massif. Siluet yang memanjang ke arah gerakan sesuai dengan aturan sertifikasi CE terbaru. Perhatian khusus diberikan pada rangka penempelan, karena ini adalah salah satu elemen yang sering diabaikan saat merancang produk tipe ini. Desain ini menyederhanakan produksi pelat dan masker samping, bagian karakteristik yang memberikan ruang bagi produsen untuk menunjukkan kualitas kerajinan.

Terdapat beberapa tantangan kreatif, teknis, dan penelitian yang berhasil diatasi dalam merancang mesin penghancur kebun V Series ini. Penggunaan maksimal pemotongan laser, permukaan yang besar, dan jumlah lipatan yang minimal direncanakan untuk menyederhanakan produksi dan menghindari kesalahan potensial dalam produksi. Intervensi pada detail bentuk memungkinkan penempatan dan pemasangan elemen yang mudah, serta kerut yang menentukan posisi dan panjang garis las. Tujuan utama adalah mengurangi faktor manusia dan meminimalkan jumlah operasi sambil mencapai kualitas kerajinan pada tingkat persaingan Eropa.

Desain mesin penghancur kebun V Series didasarkan pada rebranding perusahaan yang lengkap, dengan penampilan yang terinspirasi dari logo yang telah direvisi. Desain ini memiliki garis-garis tajam yang mengarah pada gerakan, permukaan yang berfacet, dan detail yang khas. Bagian kepala mesin dirancang menyerupai siluet piramida Gunung Rtanj, di kaki gunung inilah pabrik perusahaan ini berada. Bentuk masker sampingnya terinspirasi dari kepala kuda. Rusuk struktural memberikan kontribusi pada kekokohan, grafis mengikuti dinamika bentuk, sementara keteraturan dan disiplin diatasi dengan penataan detail fungsional.

Desain mesin penghancur kebun V Series ini telah meraih penghargaan Silver dalam A' Agricultural Tools, Farming Equipment and Machinery Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan profesional yang menggambarkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Vladimir Zagorac
Kredit Gambar: Vladimir Zagorac
Anggota Tim Proyek: Designer: Vladimir Zagorac Mechanical Engineer (FPM): Miomir Jovanovic Chief R&D Engineer (FPM): Zoran Lapadatovic
Nama Proyek: V Series
Klien Proyek: Vladimir Zagorac


V Series IMG #2
V Series IMG #3
V Series IMG #4
V Series IMG #5
V Series IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang