Desain Apartemen Reunion oleh Cheng Hou Lin

Merangkum Interaksi dan Keterhubungan Antarmanusia

Dalam era modern yang menghargai acara sosial dan pertemuan, desainer Cheng Hou Lin menghadirkan konsep yang berfokus pada manusia, dengan menekankan interaksi, pertemuan, dan integrasi antarmanusia. Dalam desain ini, kemewahan dan ukiran yang rumit ditinggalkan, digantikan dengan suasana santai dan alami. Tata letak terbuka diadopsi untuk menghormati privasi dengan partisi opsional, sehingga rumah ini menjadi zona multifungsi yang optimal untuk hiburan dan acara pertemuan di rumah.

Desain apartemen Reunion ini memiliki keunikan dan kekuatan yang membedakannya dari desain lainnya. Ruang ini didesain dengan migrasi sumbu ganda, di mana pola independen dan terbuka dapat menggabungkan segala hal menjadi satu kesatuan. Desainer menitikberatkan pada dapur makan dan menjadikan pulau dapur yang digabungkan dengan meja sebagai inti dari hiburan dan interaksi. Pada saat yang sama, desain ini memiliki fungsi hunian yang sempurna, dengan sumbu dinamis dan statis yang interaktif dan sosial, memberikan kesan ruangan yang fleksibel, transparan, nyaman, dan bebas stres.

Desain apartemen ini difokuskan pada ruang makan, hiburan, dan olahraga, dengan menggunakan pertemuan sebagai cara untuk mengenal emosi antarmanusia. Dalam tata letaknya, desainer menghilangkan partisi yang tidak diperlukan untuk menciptakan satu zona publik terbuka, yang mencakup dapur makan, ruang audio-visual, dan ruang yoga multifungsi. Langit-langit bertingkat menghilangkan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh balok silang dan memberikan tampilan yang rapi. Kompartemen dengan fungsi seperti penyimpanan, gudang, kamar mandi, dan dapur tersembunyi di balik dinding membuat zona yang tidak sempurna dengan ketidakteraturan terorganisir dengan baik.

Untuk menciptakan suasana yang segar dan bebas batasan, desainer berusaha menghilangkan partisi dan garis material dengan menyembunyikan pintu lemari dan kamar mandi, sehingga menciptakan tampilan yang rapi dan tenang dengan konsep Less is More. Warna putih digunakan untuk menciptakan ruang kosong yang besar, meningkatkan sinar matahari yang terang, dengan tambahan material alami seperti kayu dan batu untuk menciptakan suasana hangat dan nyaman di dalam rumah. Pintu geser kaca gelap yang dapat dibuka atau ditutup sesuai dengan rutinitas harian berfungsi sebagai partisi yang halus.

Desain apartemen ini berlokasi di Taiwan dan proyek ini dimulai pada bulan Februari 2020 dan selesai pada bulan April 2020. Dalam era digital ini, desainer berharap penghuni ruang ini dapat meletakkan telepon, tablet, dan perangkat elektronik lainnya untuk kembali kepada interaksi paling primitif antarmanusia. Melalui desain subtraktif, desainer menghilangkan partisi untuk menciptakan ruangan yang nyaman, segar, dan bebas partisi. Langit-langit bertingkat menghilangkan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh balok silang utama, dan ruang yang tidak sempurna berfungsi sebagai kompartemen dengan fungsi seperti gudang dan kamar mandi.

Tantangan dalam desain ini adalah balok dalam ruangan yang tidak hanya memengaruhi feng shui dan aura manusia dan rumah, tetapi juga mempengaruhi keberuntungan karier dan kesehatan fisik dari perspektif sosial Asia. Oleh karena itu, tantangannya adalah menciptakan model langit-langit tinggi-rendah untuk mengatasi hambatan visual dari balok yang terlalu rendah. Desainer juga memanfaatkan jendela besar dan ruang terbuka di dalam ruangan untuk memperkenalkan cahaya dan udara segar sehingga orang merasa nyaman dan tenang.

Desain apartemen Reunion oleh Cheng Hou Lin adalah sebuah karya yang memikat dan inovatif, yang memenangkan penghargaan Iron dalam A' Design Award 2021. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihormati karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Lin, Cheng Hou
Kredit Gambar: Lin, Cheng Hou
Anggota Tim Proyek: Lin, Cheng Hou
Nama Proyek: Reunion
Klien Proyek: Lin, Cheng Hou


Reunion IMG #2
Reunion IMG #3
Reunion IMG #4
Reunion IMG #5
Reunion IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang