JIS Kuala Lumpur: Menghubungkan Masa dan Ruang dalam Desain Lounge Sosial

Merangkum Keunikan dan Keindahan Desain Samuel Tian

Pendahuluan

JIS Kuala Lumpur adalah sebuah proyek desain yang mencoba untuk menghubungkan masa dan ruang, menciptakan sebuah "Back to the Future, Gateway to the Past". Desain Art Deco-nya menampilkan pola geometris yang berani, sudut yang tegas, dan penggunaan berlimpah emas dan baja. Lounge Sakura Modern terinspirasi oleh filsafat Zen. Atmosfer terbuka namun nyaman, pencahayaan yang cerah dan anggun, mengingatkan pada musim semi. Panel kaca futuristik yang berwarna-warni dapat dianggap sebagai terowongan yang menghubungkan dua titik terpisah dalam ruang dan waktu dari era Gatsby dan Sakura Modern.

Isi

Lounge ini memiliki 3 bagian yang berbeda: lounge bergaya Great Gatsby tahun 1920-an, yang dilapisi dengan aksen emas yang glamor dan pencahayaan suasana hati yang selalu berubah. Motif lampu gantung, panel, dan lampu sesuai dengan pola geometris yang dipadankan dengan lantai kayu; selanjutnya, lounge bergaya Jepang modern yang terinspirasi oleh Sakura Modern, pilar dari marmer Arabescato memberikan sentuhan yang cerah dan lebih feminin pada ruangan ini, diperkuat oleh pencahayaan suasana hati berwarna merah muda dan wallpaper; akhirnya, sebuah ruang santai yang intim yang mengingatkan pada ruang teh Maroko.

Kesimpulan

JIS Kuala Lumpur adalah sebuah desain yang unik dan menakjubkan. Dengan menciptakan tata letak tempat duduk yang luas, orang dapat saling terhubung dan bersosialisasi secara langsung. Ruang antar tempat duduk diukur dengan hati-hati untuk memastikan kenyamanan maksimal saat makan dan berinteraksi dengan orang lain. Perubahan warna dari dinding kaca dan lampu meja menjadi elemen kunci, yang mampu membuat orang melupakan kepenatan dari pekerjaan dan fokus pada menghubungkan diri dengan orang lain. Dan ya, itu berhasil.

Lokasi dan Waktu Desain

JIS Kuala Lumpur terletak di Star Boulevard, hanya dua menit dari pusat kota, KLCC. Proyek ini dimulai pada awal Juni 2019 dan selesai pada Desember 2019. Dibutuhkan hampir 6 bulan dari tahap desain hingga penyelesaian.

Tantangan Desain

JIS, yang berasal dari Jepang, perlu membuat masyarakat Malaysia memahami budaya JIS dengan merancang sebuah bar yang mencerminkan budaya Jepang namun tetap dapat diadopsi oleh pasar Malaysia. Oleh karena itu, sebagian besar bahan dan perlengkapan diimpor dari luar negeri. Dan kami harus menyelesaikan renovasi lengkap dalam waktu 4 bulan untuk toko seluas 11.000 kaki persegi ini yang terletak di lantai 3. Waktu sangat krusial, tetapi kami berhasil menyelesaikan semuanya dalam 3 setengah bulan.

Catatan Desain

Lounge ini memiliki 3 bagian yang berbeda: lounge bergaya Great Gatsby tahun 1920-an, yang dilapisi dengan aksen emas yang glamor dan pencahayaan suasana hati yang selalu berubah. Motif lampu gantung, panel, dan lampu sesuai dengan pola geometris yang dipadankan dengan lantai kayu; selanjutnya, lounge bergaya Jepang modern yang terinspirasi oleh Sakura Modern, pilar dari marmer Arabescato memberikan sentuhan yang cerah dan lebih feminin pada ruangan ini, diperkuat oleh pencahayaan suasana hati berwarna merah muda dan wallpaper. JIS KL adalah tentang tempat duduk komunal tanpa terlihat murahan atau membosankan; akhirnya, sebuah ruang santai yang intim yang mengingatkan pada ruang teh Maroko.

Penghargaan dan Pengakuan

Desain ini memenangkan Silver A' Design Award dalam kategori A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan profesional yang menggambarkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang diakui karena karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: TIAN KWEI LIM
Kredit Gambar: TIAN KWEI LIM
Anggota Tim Proyek: Creative Designer - Samuel Tian
Nama Proyek: JIS Kuala Lumpur
Klien Proyek: TIAN KWEI LIM


JIS Kuala Lumpur IMG #2
JIS Kuala Lumpur IMG #3
JIS Kuala Lumpur IMG #4
JIS Kuala Lumpur IMG #5
JIS Kuala Lumpur IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang