Nature and Melody: Desain Elegan dan Nyaman untuk Kehidupan Pribadi

Desain Residensi yang Menggabungkan Keindahan Alam dan Sentuhan Modern

Sebuah karya oleh Wei Keng Lee

Wei Keng Lee, seorang desainer terkenal, telah menciptakan sebuah desain residensi yang menakjubkan yang menggabungkan keindahan alam dengan sentuhan modern. Diberi nama "Nature and Melody", desain ini ditujukan untuk pasangan yang gemar anggur dan makanan, dengan tujuan menciptakan ruang makan serbaguna yang mereka nikmati dalam rutinitas sehari-hari. Dengan sentuhan tekstur dan nuansa yang paling primitif, desain ini menyampaikan sikap terhadap kehidupan yang personal dengan menciptakan suasana yang elegan, nyaman, dan penuh gaya di tengah keramaian pusat kota.

Salah satu keunikan dari desain ini adalah penggunaan elemen hutan yang melintasi seluruh ruang, menciptakan kesan yang utuh dan nyaman. Di sini, pemilik rumah dapat mendapatkan ketenangan spiritual dan relaksasi fisik. Desain terpadu dari tekstur alami dan geometri humanistik memberikan ruang ini rasa bernapas, serta jiwa yang unik.

Ruang tamu memiliki nuansa abu-abu dan kayu. Lantai keramik dengan tekstur hitam yang dibuat secara handmade ditinggikan dengan langkah-langkah kayu massif alami untuk meningkatkan hierarki spasial. Tirai jendela kayu yang dapat disesuaikan sesuai dengan suasana keseluruhan, menghalangi cahaya sambil tetap memperbolehkan sirkulasi udara dan pencahayaan.

Proyek ini memiliki luas total 229 meter persegi dan berlokasi di Tai Wan. Dimulai pada Desember 2019 dan selesai pada Agustus 2020, desain ini merupakan hasil dari penelitian mendalam untuk menciptakan hubungan harmonis antara ruang internal dan eksternal. Desainer menggunakan tekstur material asli dari dinding batu besar yang berpotongan dengan garis-garis humanistik modern untuk mencapai keseimbangan antara alam dan kehidupan.

Tantangan kreatif yang dihadapi dalam desain ini adalah menciptakan suasana ruang makan yang menggambarkan hobi mencicipi anggur. Tim desain menciptakan suasana ruang anggur di dalam ruang makan, dengan menggunakan dinding ber tekstur batu dan gambar lengkung. Karena ruang makan ini berada di area tanpa jendela di rumah, tim desain menerapkan langit-langit lembut di bagian atas ruangan, dan menciptakan langit-langit tirai cahaya dengan lampu strip, untuk menciptakan suasana siang dan senja dengan pencahayaan yang berbeda.

"Nature and Melody" adalah sebuah karya yang mempertahankan gaya hutan sebagai dasar rumah pribadi ini. Dengan tampilan yang alami dan minimalis, rumah ini mempertahankan keaslian alam. Nuansa alami dan dinding batu bertekstur dipadukan dengan furnitur sederhana namun elegan, mengungkapkan gaya rumah yang unik.

Desain ini telah mendapatkan pengakuan yang luar biasa dan memenangkan Bronze A' Design Award dalam kategori Interior Space, Retail, dan Exhibition Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang sangat kreatif dan cerdas, yang menggabungkan pengalaman dan kecerdikan. Desain ini juga dihargai karena menerapkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Sumber Gambar: Yana Zhezhela dan Alek Vatagin


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Wei Keng Lee
Kredit Gambar: Yana Zhezhela and Alek Vatagin
Anggota Tim Proyek: Wei Keng Lee
Nama Proyek: Nature and Melody
Klien Proyek: Wei Keng Lee


Nature and Melody IMG #2
Nature and Melody IMG #3
Nature and Melody IMG #4
Nature and Melody IMG #5
Nature and Melody IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang