Meridiana: Karya Seni Arsitektur yang Memainkan Cahaya dan Bayangan

Tsu-Wei Chang Menghadirkan Residensi dengan Estetika Cahaya Dinamis

Di tengah perkembangan desain arsitektur kontemporer, Meridiana muncul sebagai karya yang menggabungkan seni, fungsi, dan interaksi cahaya secara inovatif.

Meridiana, sebuah proyek residensi yang dirancang oleh Tsu-Wei Chang, menawarkan pendekatan baru dalam merancang ruang. Dengan tantangan cahaya alami yang hanya berasal dari jendela lantai ke langit-langit, Chang mengubah rencana ruang konvensional dengan menambahkan lapisan tiga dimensi melalui lipatan cekung, sirkulasi, padat dan hampa, serta tekstur material. Proyek ini berusaha membuat orientasi visual ruang dengan perputaran rute sehingga partisipasi cahaya dari berbagai sudut dapat menciptakan lapisan dalam solid dan void.

Meridiana memiliki tiga teknik untuk menciptakan lapisan perubahan cahaya dan bayangan, membuat cahaya lebih hidup. Pertama, desainer dengan berani menciptakan beberapa jalur berjalan melengkung sesuai dengan pencahayaan kiri dan kanan dasar, untuk mengubah posisi orang terhadap cahaya. Selanjutnya, bahan reflektif ditempatkan di ujung jalur untuk memperluas skala cahaya. Ketiga, dinding dibuat cekung dan cembung, dan desainer menciptakan alur 5cm dan 7cm untuk menekankan lintasan cahaya sesuai dengan sumber cahaya di area tersebut.

Untuk menciptakan berbagai tekstur, dinding tidak hanya dilengkapi alur, tetapi juga dispons, digosok, dan di-swab untuk menampilkan tekstur dengan ketebalan yang bervariasi. Ketika dinding disinari dari kiri atau kanan, garis cahaya dan bayangan alami muncul. Perlu disebutkan pilihan armatur pencahayaan, termasuk lampu bulan, lampu bulu, dan lampu daun teratai dengan lapisan emas yang diaplikasikan dengan tangan di dalamnya, yang secara alami menyampaikan solid dan void cahaya.

Situs ini memiliki total 185.1 meter persegi apartemen setengah kosong. Berdasarkan gaya hidup klien, tata letak dibagi menjadi area sosial dan pribadi di tingkat yang berbeda. Baik itu pertemuan untuk mencicipi anggur atau kesendirian, ada tempat yang sesuai dengan konteksnya. Jalur berjalan yang diperpanjang berfungsi sebagai galeri, sementara belokan dapat digunakan untuk menampilkan lukisan atau patung. Di sisi lain, dinding TV setengah tinggi 156cm dengan sistem TV B&O menciptakan tampilan multifaset cahaya dan bayangan ketika ketinggian TV.

Desain interaksi Meridiana membagi duplex menjadi area sosial dan pribadi di lantai bawah dan atas. Tangga bercahaya bulan mengarah ke atas ke area hidup dengan suite eksekutif. Kamar tidur utama dipasang dengan pencahayaan linier untuk menampilkan gaya hidup klien yang bergaya dan canggih. Pada saat yang sama, suhu udara dalam ruangan, kelembapan, dan kesegaran dikontrol dengan presisi, serta pengurangan kebisingan. Terakhir, pintu listrik dan kasur memberikan pengalaman hidup yang paling nyaman bagi klien.

Proyek ini selesai pada April 2023 di Taiwan. Penelitian yang mendasari desain ini adalah waktu yang berlalu melalui ruang seolah-olah adalah jam matahari retrograde, dan tekstur material disesuaikan dengan baik untuk membuat kontur cahaya menjadi hidup. Desainer menciptakan kedalaman bidang untuk ruang melalui tiga teknik jalur berjalan melengkung, solid dan void, dan tekstur. Partisipasi cahaya dari berbagai sudut menyeimbangkan sirkulasi, mengungkapkan lintasan cahaya dalam lapisan. Area sosial dan pribadi ditandai. Jalur panjang menciptakan area yang mirip galeri di mana setiap belokan adalah pameran. Presentasi cahaya bervariasi sesuai dengan tema setiap area.

Meridiana adalah pemenang penghargaan Iron di A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2024. Penghargaan Iron A' Design Award diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik industri terbaik dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Tsu-Wei Chang
Kredit Gambar: JPY Design Co., Ltd.
Anggota Tim Proyek: Tsu-Wei Chang
Nama Proyek: Meridiana
Klien Proyek: JPY Design Co., Ltd.


Meridiana IMG #2
Meridiana IMG #3
Meridiana IMG #4
Meridiana IMG #5
Meridiana IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang