Dandelion Seed: Speaker Light yang Mengapresiasi Kehidupan Tumbuhan

Desain yang Unik dan Inovatif oleh Mohammad Mahdi Najafi

Pendahuluan

Dalam kehidupan yang semakin sibuk dan penuh tekanan, seringkali kita melupakan perilaku ramah lingkungan yang seharusnya kita lakukan. Untuk mengatasi masalah ini, Mohammad Mahdi Najafi menciptakan sebuah desain speaker dengan fitur-fitur istimewa. Desain produk ini didasarkan pada rasa hormat terhadap tanaman sebagai makhluk hidup yang sering diabaikan oleh manusia. Tujuan dari desain ini adalah untuk menciptakan speaker minimalis yang menggambarkan tiga tahap utama kehidupan bunga dandelion (biji, tumbuh, dan mati). Dengan menggunakan teknologi medan magnetik, desain ini memberikan sensasi melayang. Musik yang akan diputar di speaker ini adalah simbol dari suara tanaman yang hening.

Desain ini memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari desain lainnya. Kualitas suara speaker 360 derajat yang disertai dengan cahaya lembut menciptakan sensasi melayang dengan teknologi medan magnetik. Kombinasi antara perasaan pengguna dan teknologi membuat desain ini tak terlupakan. Selain memiliki fungsi yang luar biasa, produk ini juga membantu orang mengatasi ketegangan dan stres.

Desain ini diwujudkan melalui teknologi medan magnetik. Sebuah bola kaca berongga dibuat dengan metode pembakaran kaca dan memiliki lima lubang untuk baterai dan lampu LED. Lubang di bagian bawah digunakan sebagai tempat magnet untuk menciptakan medan magnetik. Ada juga bola spons hitam kecil yang memiliki enam lubang untuk mengencangkan pipa-pipa.

Spesifikasi teknis dari desain ini adalah 150 mm x 150 mm x 280 mm, dengan fitur speaker ringan dan teknologi medan magnetik.

Anda dapat menghubungkan perangkat Anda ke speaker ini melalui teknologi Bluetooth. Untuk mengisi daya baterai lampu, Anda perlu menghubungkan bola ke port di dasar speaker. Salah satu fitur utamanya adalah melindungi bola interior dengan penutup eksternal dalam situasi yang tidak terduga seperti pemadaman listrik.

Proyek desain ini dimulai di Esfahan, Iran pada bulan Oktober 2020 dan selesai pada bulan Desember 2020. Dalam prosesnya, dilakukan penelitian tentang teknologi medan magnetik dan pembakaran kaca. Desain ini diharapkan dapat membantu orang untuk menenangkan pikiran mereka mengingat meningkatnya stres dalam kehidupan manusia.

Selama proses desain, terdapat beberapa tantangan kreatif, teknis, dan penelitian yang berhasil diatasi. Salah satu tantangan utama adalah membuat bola kaca menjadi satu kesatuan. Setelah berkonsultasi dengan seorang pembuat kaca, diputuskan untuk membuat bola kaca dengan metode pembakaran kaca. Untuk memasukkan bola hitam kecil ke dalam bola kaca, pembuat kaca merekomendasikan penggunaan bahan fleksibel seperti spons. Oleh karena itu, bola hitam tengah dibuat dengan spons yang dapat diperas dan dimasukkan ke dalam bola kaca.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Iron dalam A' Design Award 2021 kategori Digital and Electronic Device Design. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang didesain dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Desain ini adalah bukti nyata bahwa kehidupan tumbuhan dapat dihargai dan diresapi oleh manusia melalui desain yang inovatif dan unik. Speaker Light Dandelion Seed karya Mohammad Mahdi Najafi adalah bukti nyata bahwa seni, arsitektur, desain, inovasi, dan teknologi dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup kita.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Mohammad Mahdi Najafi
Kredit Gambar: Image#1: Creator Mohammad Mahdi Najafi, Dandelion seed, 2020 Image#2: Creator Mohammad Mahdi Najafi, Dandelion seed 2020 Image#3: Creator Mohammad Mahdi Najafi, Dandelion seed, 2020 Image#4: Creator Mohammad Mahdi Najafi, Dandelion seed, 2020 Image#5: Creator Mohammad Mahdi Najafi, Dandelion seed, 2020
Anggota Tim Proyek: Mohammad Mahdi Najafi
Nama Proyek: Dandelion Seed
Klien Proyek: Mohammad Mahdi Najafi


Dandelion Seed IMG #2
Dandelion Seed IMG #3
Dandelion Seed IMG #4
Dandelion Seed IMG #5
Dandelion Seed IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang