Flexo InForm: Paviliun Perakitan dengan Kinerja Geometri-Material

Inovasi Desain yang Menggabungkan Algoritma dan Deformasi Elastis

Pendahuluan

Flexo InForm adalah prototipe Paviliun Perakitan yang berasal dari latihan eksperimental dalam mencari proses desain inovatif yang berorientasi pada kinerja geometri-material. Dalam hal ini, perilaku lentur aktif digunakan sebagai alat desain yang diterapkan pada struktur yang berbasis pada deformasi elastis elemen laminar. Algoritma yang dikembangkan meningkatkan hubungan operasional antara proses optimasi dan diskritisasi geometri kompleks; dan kinerja struktural baru.

Paviliun ini didasarkan pada geometri kompleks yang terinspirasi dari anyaman serat alami (anyaman rotan dan anyaman daun pandan) yang khas dari wilayah Littoral Argentina. Proses pengembangannya dimulai dengan diskritisasi parametrik geometri kompleks yang dibangun dengan menggunakan pelat kayu Guatambu laminasi multi berketebalan 3mm. Pita-pita datar yang dihasilkan ditekuk menggunakan algoritma simulasi fisik untuk mendapatkan struktur yang membentuk diri sendiri, yang kemudian dikalibrasi dan dibuka untuk memungkinkan fabrikasi dengan menggunakan alat CNC. Perakitan sederhana dari komponen-komponen yang tidak berurutan dilakukan di lokasi dalam tiga tahap. Penyusunan dan pengorganisasian pita-pita, penyambungan komponen-komponen, dan pengangkatan selubung laminar yang diakhiri dengan pemasangan instrumen dan penyesuaian lentur untuk membentuk struktur yang mandiri.

Flexo InForm adalah paviliun perakitan yang unik, dengan kekuatan dan fitur istimewa. Dalam proses perancangannya, algoritma simulasi geometri dan evaluasi fisik digunakan untuk menciptakan struktur anyaman spasial dengan daya tahan multidireksional. Fabrikasi menggunakan mesin CNC dari pelat kayu laminasi multi berketebalan 3mm. Perakitan linier dari pita-pita terfragmentasi menggunakan sekrup mur sayap.

Flexo InForm memiliki berbagai keunggulan yang membedakannya dari desain lainnya. Struktur paviliun ini memiliki berat yang ringan, sehingga memungkinkan mobilitas dalam radius yang dekat. Sistem perakitan pita datar dan volume kemasan yang kecil juga menjamin kemudahan transportasi paviliun ini dalam jarak yang jauh. Selain itu, bentuk akhir paviliun ini hanya salah satu dari banyak variasi yang mungkin dari algoritma yang diciptakan. Berbagai variabel yang telah dirancang sebelumnya memungkinkan adaptasi kontekstual dari keluarga solusi yang mungkin.

Kesimpulan

Flexo InForm adalah paviliun perakitan yang menggabungkan algoritma dan deformasi elastis untuk menciptakan struktur yang mandiri dan kompleks. Dengan menggunakan geometri-material yang inovatif, paviliun ini menawarkan solusi desain yang murah, ringan, dan mudah dirakit. Dalam proses perancangannya, penelitian yang mendalam dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja struktural dan memastikan keberlanjutan paviliun ini. Dengan prestasi dan pengakuan yang diterimanya, Flexo InForm membuktikan dirinya sebagai karya desain yang luar biasa dan berdampak signifikan dalam dunia seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Mauro Chiarella and Veizaga-Gronda team
Kredit Gambar: Mauro CHIARELLA
Anggota Tim Proyek: Martín VEIZAGA Luciana GRONDA Mauro CHIARELLA
Nama Proyek: Flexo InForm
Klien Proyek: Mauro Chiarella and Veizaga-Gronda team


Flexo InForm IMG #2
Flexo InForm IMG #3
Flexo InForm IMG #4
Flexo InForm IMG #5
Flexo InForm IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang