Chunli Zhang: Menggabungkan Tradisi dan Inovasi dalam Desain Pusat Rekreasi

Sebuah Karya Arsitektur yang Menggabungkan Estetika Tradisional Tiongkok dengan Fungsi Modern

Chunli Zhang, seorang desainer yang menggabungkan konsep "sederhana tapi elegan" dari tradisi Tiongkok dalam desain pusat rekreasi yang menawan. Dengan memanfaatkan ruang dan memadukan fungsi, Zhang menciptakan sebuah pusat rekreasi yang tidak hanya indah, tetapi juga berfungsi sebagai ruang yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan penggunanya.

Chunli Zhang, seorang desainer yang terinspirasi oleh estetika tradisional Tiongkok, menciptakan sebuah pusat rekreasi yang menggabungkan konsep "sederhana tapi elegan". Dengan menggunakan dinding putih yang sederhana dan tidak berhias, Zhang menciptakan berbagai ruang halaman yang berbeda. Konsep "kosong" dalam lukisan bebas Tiongkok diciptakan untuk memberikan lebih banyak ruang imajinasi bagi pengalaman ruang hidup.

Salah satu keunikan dari desain ini adalah bagaimana Zhang menghubungkan bagian timur dan barat melalui koridor, menciptakan tempat yang berfungsi sebagai kafe, bar buku, ruang pameran, kantor, ruang pertemuan, dan lainnya. Sementara bagian tenggara adalah taman rekreasi dengan danau, yang memisahkan ruang pengalaman dari taman dan jalur lalu lintas di dekatnya.

Proyek ini dirancang dengan tujuan untuk menjaga kesehatan orang. Zhang melanjutkan ide pokok dari lukisan bebas oriental tradisional, mengekspresikan perasaan terhadap gunung dan sungai untuk merenggangkan tubuh dan pikiran. Selain itu, pengalaman fisik dan mental dari lingkungan hidup antara orang dan pemandangan diperkuat. Layout keseluruhan merujuk pada pola taman Tiongkok tradisional dari vestibule dan halaman belakang, dan mewujudkan rasa visual dari pemandangan langkah demi langkah.

Proyek ini selesai pada tahun 2020 dan berlokasi di Kota Weihai, Provinsi Shandong. Awalnya, lokasi proyek ini direncanakan sebagai basis produksi produk perawatan pribadi. Sebagai bangunan fungsional di taman industri, ini sesuai dengan standar efisiensi penggunaan nilai komersialnya. Namun, dalam proyek ini, tujuan dan persyaratan fungsi perawatan humanistik untuk karyawan diperkenalkan, dan pusat rekreasi kompleks dengan kepadatan bangunan rendah disajikan.

Dalam proses desain, tantangan utama yang dihadapi oleh desainer adalah konstruksi situs sesuai dengan kondisi lokal dan pembangunan taman di China Utara. Iklim musim dingin di China Utara relatif dingin, dan sulit untuk menjaga tanaman hijau, di mana pemandangan hijau akan suram.

Proyek ini menyoroti interpretasi tradisional Tiongkok "sederhana tapi elegan", yang membentuk ruang halaman yang berbeda dengan dinding putih, untuk menyajikan pusat rekreasi berkepadatan rendah di taman industri berkepadatan tinggi. Dengan ekspresi ruang sederhana dan elegan oriental, konsep "kosong" diciptakan untuk memenuhi layanan pendukung fungsi rekreasi sehari-hari dengan perawatan humanistik untuk staf internal, untuk memenuhi kebutuhan kesehatan fisik dan mental mereka setelah bekerja, dan untuk mengurangi depresi mental dan cedera dari pekerjaan mekanis.

Desain ini telah memenangkan Penghargaan Desain A' Perunggu dalam Kategori Arsitektur, Bangunan dan Desain Struktur pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan keterampilan. Dikenal karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Chunli Zhang
Kredit Gambar: Yonggang Zhong
Anggota Tim Proyek: Chunli Zhang Wei Sun Zhen Ye Yantong Zhou
Nama Proyek: Simple but Elegant
Klien Proyek: Chunli Zhang


Simple but Elegant IMG #2
Simple but Elegant IMG #3
Simple but Elegant IMG #4
Simple but Elegant IMG #5
Simple but Elegant IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang