Wenzhou Vanke Center: Menggabungkan Estetika Tradisional dan Modern dalam Arsitektur

Feng Cheng menciptakan karya arsitektur yang memadukan elemen estetika tradisional Tiongkok dengan bangunan modern

Wenzhou Vanke Center, sebuah pusat perdagangan dan kantor yang dirancang oleh Feng Cheng, menampilkan desain yang terinspirasi oleh lukisan tradisional Tiongkok. Dengan menggunakan material modern, bangunan ini membangkitkan kenangan masa lalu.

Terletak di area inti pusat Lucheng District, Wenzhou Vanke Center berada di lokasi yang memiliki sumber daya dan infrastruktur pendukung terbaik di kota Wenzhou. Konsep dasar desainnya adalah menciptakan Shan-shui City, sebuah upaya untuk membawa kembali elemen estetika tradisional Tiongkok seperti bambu, bukit, aliran air, gunung, dan jalan ke dalam bangunan modern.

Desain unik Wenzhou Vanke Center terletak pada penggunaan materialnya. Dengan piring keramik, lembaran aluminium metalik, dan kaca cetak, Feng Cheng berhasil menciptakan efek air terjun yang diterangi lampu, tangga berbentuk batu, dan bambu aluminium. Ini adalah cara kreatif untuk menggabungkan elemen tradisional dan modern dalam satu struktur.

Untuk memastikan fungsi bangunan berjalan dengan baik, Feng Cheng merancang alun-alun tepi air dan tangga besar di sisi barat untuk menghubungkan komersial dengan taman sekitar, menarik orang dan meningkatkan vitalitas bisnis. Di sisi timur, pohon-pohon digunakan untuk mengisolasi kebisingan dari luar dan menyediakan tempat yang tenang untuk bekerja. Sebuah landasan pacu juga disiapkan di lantai atas menara untuk tempat berolahraga dan beristirahat bagi pekerja.

Salah satu tantangan dalam proyek ini adalah bagaimana menambahkan jendela ventilasi alami ke fasad dinding tirai kaca. Desainer akhirnya menyembunyikan jendela di garis aluminium, yang tidak hanya menekankan ritme fasad, tetapi juga memberikan kemungkinan untuk pengaturan dinding internal.

Wenzhou Vanke Center telah memenangkan penghargaan Bronze dalam A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menunjukkan pengalaman dan kecerdasan, dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi. Mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Wenzhou Vanke Center adalah contoh sempurna bagaimana arsitektur dapat menggabungkan elemen tradisional dan modern untuk menciptakan struktur yang unik dan berfungsi. Dengan mempertahankan estetika tradisional Tiongkok sambil memanfaatkan material dan teknologi modern, Feng Cheng telah menciptakan sebuah bangunan yang benar-benar memadukan masa lalu dan masa depan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: FENG CHENG
Kredit Gambar: Image #1: Photographer QIU RI PEI, Wenzhou Vanke Center, 2021. Image #2: Photographer QIU RI PEI, Wenzhou Vanke Center, 2021. Image #3: Photographer QIU RI PEI, Wenzhou Vanke Center, 2021. Image #4: Photographer QIU RI PEI, Wenzhou Vanke Center, 2021. Image #5: Photographer QIU RI PEI, Wenzhou Vanke Center, 2021.
Anggota Tim Proyek: Chenghao Yang Yuanfeng Xu Seungmin Lee Chen Zhao Junding Wang Zhennan Li Kai Chen
Nama Proyek: Wenzhou Vanke Center
Klien Proyek: FENG CHENG


Wenzhou Vanke Center IMG #2
Wenzhou Vanke Center IMG #3
Wenzhou Vanke Center IMG #4
Wenzhou Vanke Center IMG #5
Wenzhou Vanke Center IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang