Desain Kantor Futuristik dengan Sentuhan Teknologi di Shenzhen

Desain Kantor yang Efisien, Modern, dan Inspiratif

Desain Kantor YuQiang and Partners

YuQiang and Partners, sebuah perusahaan desain ternama, telah menciptakan desain kantor yang futuristik dan inovatif di Shenzhen. Kantor ini merupakan kantor global perusahaan teknologi dan internet mobile yang terletak di China Resources Tower di pusat bisnis Shenzhen Bay. Dengan mengutamakan efisiensi, kenyamanan, dan inspirasi, desainer menciptakan ruang kantor yang mencerminkan model kantor masa depan untuk perusahaan teknologi tinggi dengan atmosfer yang sederhana namun megah.

Salah satu keunikan dari desain ini adalah penggunaan fleksibilitas ruang dengan mengombinasikan warna dan pencahayaan, sehingga meningkatkan kesan modern dan teknologi dari merek yang muda. Selain itu, lemari penyimpanan yang tersembunyi di dinding tidak hanya menjaga tampilan tetap sederhana dan rapi, tetapi juga memperkaya fungsionalitasnya. Teknik desain taman China yang meminjam pemandangan dan membingkai pemandangan juga diterapkan dengan memperluas jendela ke samping, mengoptimalkan pengalaman melihat.

Untuk mewujudkan desain ini, digunakan material fenix ntm yang diproduksi oleh Arpa Industriale melalui teknologi inti baru bernama Bloom. Material ini terbuat dari lignin yang ramah lingkungan, yang memiliki empat fitur khusus, yaitu tingkat reflektivitas cahaya yang rendah, permukaan yang sangat mat, sentuhan lembut, tahan sidik jari, dan kemampuan untuk menyembuhkan goresan-goresan kecil secara termal.

Spesifikasi teknis dari desain ini meliputi penggunaan sistem tepi langit-langit 094 yang membuat sambungan antara dinding dan langit-langit lebih halus. Sistem ini juga dapat disesuaikan dengan radius lebih dari 1200mm, meningkatkan ketajaman tepi papan gypsum dan mengurangi kesulitan dalam proses poles tepi. Sistem Ground Power Aituoipiedi adalah sistem modular dan fleksibel yang mengintegrasikan fungsi penyimpanan kabel dan pencahayaan. Selain itu, penggunaan water bar yang terbuat dari fenix ntm yang tersembunyi di balik dinding tidak hanya meningkatkan kenyamanan visual, tetapi juga memberikan fungsi penyimpanan.

Desain ini berhasil mengatasi berbagai tantangan, termasuk penyelesaian proyek dalam waktu 25 hari. Beberapa produk khusus seperti pintu tahan api kelas A, komponen langit-langit, dan pencahayaan diproduksi di luar negeri. Selain itu, area proyek yang terbatas hanya sekitar 1940 kaki persegi membutuhkan pendekatan minimalis dengan multi-fungsi, sehingga ruang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berbagai unit seperti pintu tahan api, pintu ruangan, dan pintu akses disembunyikan di balik dinding untuk menciptakan ruang yang seragam.

Desain kantor ini menciptakan suasana yang kaya dan lembut di ruang resepsi, memberikan suasana yang serius namun santai. Lingkungan dalam ruangan telah diubah menjadi latar belakang yang melengkapi citra seorang CEO yang memiliki wawasan dan penilaian yang baik, dengan mengintegrasikan gambar-gambar yang beragam dan hidup. Cahaya yang tenang dan tersebar di area istirahat melunakkan suasana dalam dan luar ruangan, memberikan tempat untuk memulihkan energi dan mengubah suasana setelah menghadapi beban kerja yang menegangkan.

Proyek ini dimulai pada Maret 2019 dan selesai pada Juli 2019 di Shenzhen. Untuk memenuhi kebutuhan individual pelanggan, desainer menggunakan pemandangan luar ruangan untuk memperkaya pengalaman visual dalam ruangan dan meningkatkan sensasi pengalaman. Pemandangan tersebut dianggap sebagai lukisan yang menghiasi kantor, menciptakan keseimbangan kontras warna antara luar dan dalam ruangan. Banyak elemen inovatif yang diintegrasikan ke dalam proyek ini, menciptakan ruang yang familiar namun baru, nyaman bagi klien.

Desain kantor ini telah memenangkan Bronze A' Design Award dalam kategori Interior Space, Retail, and Exhibition Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggabungkan pengalaman dan kecerdikan. Desain ini diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup dan menjadikan dunia ini menjadi tempat yang lebih baik.

Sumber Gambar:

1. Photographer Huang Zaohui, 2019.

2. Photographer Huang Zaohui, 2019.

3. Photographer Huang Zaohui, 2019.

4. Photographer Huang Zaohui, 2019.

5. Photographer Huang Zaohui, 2019.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Yu Qiang
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Huang Zaohui, 2019. Image #2: Photographer Huang Zaohui, 2019. Image #3: Photographer Huang Zaohui, 2019. Image #4: Photographer Huang Zaohui, 2019. Image #5: Photographer Huang Zaohui, 2019.
Anggota Tim Proyek: Design Team: YuQiang & Partners Photography: Huang Zaohui
Nama Proyek: Technology Group
Klien Proyek: Yu Qiang


Technology Group IMG #2
Technology Group IMG #3
Technology Group IMG #4
Technology Group IMG #5
Technology Group IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang