Desain Kantor Yhousedesign: Menggabungkan Elemen Alam dan Ruang Terbuka

Desain Kantor yang Menyegarkan dan Menginspirasi

Yhousedesign

Yhousedesign, sebuah perusahaan desain interior, telah menciptakan kantor yang unik dan menyegarkan untuk mencerminkan budaya perusahaan mereka. Dalam proyek ini, tim desain mengintegrasikan logo merek untuk menciptakan suasana yang segar dan rileks. Dengan menggunakan warna hijau muda yang cerah dan berbagai jenis material serta tanaman, kantor ini menciptakan atmosfer yang segar dan santai.

Salah satu hal yang membuat desain ini berbeda adalah penggunaan logo perusahaan sebagai titik fokus utama. Logo ini mencerminkan ekspresi ruang, posisi balok, dan permainan cahaya dan bayangan. Ketiga elemen ini diwakili dalam proyek ini sehingga pengunjung dapat mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana rumah masa depan mereka akan terlihat. Tim desain juga berhasil memperluas ruang horizontal dengan menghilangkan partisi. Langit-langit yang terbuka dipertahankan untuk menjaga jarak antara langit-langit dan lantai.

Material bangunan yang digunakan dalam proyek ini antara lain cat lateks Benjamin, lemari sistem, bagian besi, kaca moru, kaca mat, kaca bening, kaca perak, dan teraso. Warna terang dari material-material ini menciptakan ilusi ruang yang lebih besar. Empat jenis kaca yang berbeda digunakan dalam partisi, menciptakan efek riak cahaya antara yang tembus dan yang tidak tembus. Dengan cara ini, privasi setiap area tetap terjaga sambil membiarkan cahaya masuk ke lingkungan.

Kantor ini terletak di lantai dua sebuah apartemen bekas seluas 49,5 meter persegi. Proyek ini memiliki tata letak terbuka dengan dua area terpisah untuk diskusi. Satu area adalah meja makan kayu untuk diskusi dan presentasi, sedangkan area lainnya adalah meja bar dengan tata letak teraso untuk diskusi dan presentasi proyek. Kedua area ini berbeda dari ruang rapat formal. Dua partisi lainnya digunakan untuk kantor staf dan penyimpanan. Kantor ini dipisahkan oleh kaca bening, memberikan kenyamanan dan privasi sambil membiarkan cahaya masuk.

Desain kantor ini berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dengan memanfaatkan cahaya alami. Tim desain menciptakan dua area terbuka di dekat jendela untuk membiarkan cahaya alami membanjiri ruangan. Penggunaan kaca dalam desain menciptakan area kantor yang cerah dan akhirnya area penyimpanan. Tata letak ini memungkinkan tamu yang naik tangga melihat cahaya alami dari jendela lantai-langit, menciptakan suasana yang segar dan santai.

Proyek ini selesai pada bulan Juli 2021 di Taiwan. Tim desain melakukan penelitian yang mendalam untuk mengintegrasikan logo merek ke dalam desain. Sebagai ruang kantor untuk tim desain interior, kantor ini tidak memiliki tampilan kantor standar, melainkan memiliki banyak tanaman hijau yang menyegarkan. Lingkungan yang nyaman dapat mendorong tim untuk bekerja dengan efisien. Seperti oasis di tengah padang pasir, merek ini menjadi sumber inspirasi desain yang tak terbatas untuk menyuntikkan kesan hijau segar ke dalam kota yang monoton.

Salah satu tantangan terbesar dalam proyek ini adalah restorasi dari kondisi awal yang merupakan sebuah sekolah les. Ruangan ini memiliki banyak partisi dan dinding yang penuh dengan bekas busa dan lubang, seperti kanvas dengan banyak noda dan lubang. Tahap awal restorasi memang melelahkan, tetapi setelah ruangan berhasil dibersihkan, ruangan menjadi bersih dan rapi. Selain itu, jendela besar dari lantai hingga langit-langit tetap dipertahankan. Dengan cahaya dan bayangan, tim desain dapat berkreasi di atas kanvas yang bersih.

Yhousedesign memiliki arti "harapan menjadi kenyataan" dan "rumah" dalam bahasa Tionghoa. Tim desain juga merupakan klien dalam proyek ini. Sebagai merek, tim ingin memberikan klien rumah masa depan mereka dan ingin mendapatkan umpan balik positif setelah proyek selesai. Tim desain, oleh karena itu, mengintegrasikan ide ini ke dalam kantor, sehingga pengunjung yang datang pertama kali dapat melihat dan merasakan pesan merek dan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana rumah masa depan mereka akan terlihat.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: FAN-YU SHEN, ZOEY WU
Kredit Gambar: yhousedesign
Anggota Tim Proyek: Fan-Yu Shen, Zoey Wu
Nama Proyek: Yhousedesign
Klien Proyek: FAN-YU SHEN, ZOEY WU


Yhousedesign IMG #2
Yhousedesign IMG #3
Yhousedesign IMG #4
Yhousedesign IMG #5
Yhousedesign IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang