Cosmetea Pop Up: Menggabungkan Teh dan Kosmetik dalam Desain Inovatif

Merangkum Kecantikan dan Estetika Modern

Cosmetea Pop Up adalah sebuah proyek desain yang menggabungkan konsep teh dan kosmetik secara inovatif. Didesain oleh Lina Chen dan Yiting Ma, proyek ini berhasil mengubah sebuah toko dumpling menjadi sebuah toko pop-up yang menarik perhatian untuk merek kosmetik teh, Cosmetea. Dengan luas area hanya 9m2, proyek ini berhasil mengubah definisi kecantikan konvensional dan menciptakan pengalaman belanja yang unik bagi pengunjungnya.

Inspirasi desain proyek ini berasal dari peran teh sebagai pembawa pesan. Teh tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga berfungsi sebagai media untuk bersosialisasi. Dalam era baru ini, atribut ganda teh telah diberikan berbagai interpretasi yang sesuai dengan gaya hidup kaum urban modern. Cosmetea sebagai merek kosmetik teh, memecahkan definisi kecantikan konvensional dan menggabungkan bahan teh dengan "Tea Beauty Science"-nya, untuk menyampaikan estetika fesyen modern yang terinspirasi dari naturalisme Oriental.

Salah satu keunikan dari proyek ini adalah penggabungan yang inovatif antara teh dan kosmetik dalam sebuah ruang yang terbatas. Dengan mempertimbangkan dimensi desain ruang dan perencanaan merek, para desainer menciptakan pengalaman dan suasana ruang yang mendalam. Mereka mengeksplorasi hubungan antara alam dan dunia buatan, serta memberikan arahan bagi evolusi kreatif dan berkelanjutan merek Cosmetea.

Teknologi yang digunakan dalam merealisasikan desain ini melibatkan penggunaan stainless steel berlapis cermin dan pencahayaan LED. Rak-rak ditempatkan secara teratur dengan menggunakan konsep sambungan mortise dan tenon. Lemari dinding yang berfungsi sebagai tempat display dan penyimpanan dilengkapi dengan cat merah yang sesuai dengan identitas visual merek. Terowongan sempit yang berbentuk lingkaran seperti "lubang cacing" ini memungkinkan pengunjung untuk sementara melarikan diri dari kehidupan sehari-hari yang sibuk.

Proyek ini berhasil mengubah sebuah ruang kecil yang dulunya merupakan restoran dumpling menjadi sebuah toko pop-up yang menarik. Desainnya didasarkan pada logo merek Cosmetea yang menggambarkan sebuah teko teh. Dengan memanfaatkan bentuk dan makna simbolis logo merek, tim desain menciptakan pintu masuk yang dramatis pada fasad bangunan, dan melanjutkannya ke dalam terowongan seluas 9m2, menciptakan dunia tak terbatas di dalam ruang yang terbatas.

Proyek ini berlokasi di Jalan Yuyuan, Shanghai, yang memiliki sejarah lebih dari 100 tahun dan membawa konteks budaya Shanghai. Merek Cosmetea memilih sebuah restoran dumpling kecil di sudut Jalan Yuyuan dan meminta Nax Architects untuk mengubahnya menjadi sebuah toko pop-up untuk tujuan ritel dan pameran. Tujuan mereka adalah menciptakan tempat baru yang sesuai dengan gaya hidup masyarakat perkotaan modern dan menyampaikan nilai-nilai merek Cosmetea.

Cosmetea Pop Up telah meraih penghargaan Golden A' Design Award dalam kategori Interior Space, Retail, dan Exhibition Design pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang luar biasa dan berdampak signifikan dalam dunia seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Lina Chen, Yiting Ma
Kredit Gambar: Raitt Liu
Anggota Tim Proyek: Chief designers: Lina Chan, Yiting Ma, Jo Jiao
Nama Proyek: Cosmetea Pop Up
Klien Proyek: Lina Chen, Yiting Ma


Cosmetea Pop Up IMG #2
Cosmetea Pop Up IMG #3
Cosmetea Pop Up IMG #4
Cosmetea Pop Up IMG #5
Cosmetea Pop Up IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang