Whitelier Hanam: Sebuah Inovasi dalam Desain Toko Roti

Seuk Hoon Kim Menghadirkan Konsep Unik dalam Desain Toko Roti Premium

Whitelier Hanam, sebuah toko roti premium di Korea Selatan, menampilkan desain unik yang mencerminkan identitas mereknya. Dibawah tangan dingin desainer Seuk Hoon Kim, toko roti ini menjadi sebuah karya seni arsitektur yang menarik perhatian.

Whitelier Hanam adalah toko roti premium yang berfokus pada pembuatan roti putih dan selai berkualitas tinggi. Konsep desain toko ini diilhami oleh keinginan untuk mengekspresikan keterampilan dan keahlian dalam pembuatan roti yang ditampilkan melalui eksterior dan interior toko. Tim desain berusaha menampilkan toko ini sebagai sebuah bengkel putih tempat pembuatan roti putih, dan mengembangkan desain berdasarkan konsep tersebut.

Toko roti ini merupakan toko unggulan kelima Whitelier yang berlokasi di Distrik Misa, Gyeonggido, Korea Selatan. Desain toko ini mencakup ruang penjualan dan dapur roti yang lengkap untuk memproduksi roti putih. Desain keseluruhan dibuat untuk memenuhi identitas merek Whitelier, yang merupakan gabungan kata 'White' dan 'Atelier', yang berarti bengkel putih untuk memanggang roti premium.

Fasad putih yang membentang sepanjang lebar properti mencerminkan konsep bengkel putih, menarik rasa penasaran orang yang melihatnya. Selain itu, lengkungan pada fasad putih tersebut menyerupai kelembutan roti putih. Fasad ini awalnya diproduksi dengan kerja logam dan dilapisi cat di pabrik sebelum dirakit di lokasi. Struktur kayu untuk display roti juga dibangun langsung di lokasi, dibuat dengan hati-hati untuk menunjukkan artikulasi struktur tersebut.

Di dalam toko roti, dinding setinggi tiga meter memisahkan ruang penjualan dan dapur. Dengan langit-langit yang lebih tinggi dari dinding, ruangan ini tidak memberikan kesan terbatas. Meja berwarna beige yang melingkar dari fasad ke dalam toko menyambut hangat pelanggan ke display roti putih dan selai. Sebagai titik fokus utama ruangan, rak display dengan struktur kayu yang diartikulasikan ditempatkan pada dinding pemisah, yang menekankan dan menampilkan bentuk dan keindahan roti secara keseluruhan.

Proyek ini dimulai pada Juli 2021 di Gyeonggido, Korea Selatan dan selesai pada September 2021. Dalam merancang fasad lengkung Whitelier Hanam, program komputasi 3D digunakan untuk membentuk model yang sangat canggih dan diartikulasikan untuk memenuhi bentuk yang diperlukan. Rak display struktur kayu juga dimodelkan dengan hati-hati dalam komputasi 3D untuk menekankan ukuran yang diperlukan dari roti putih.

Desain Whitelier Hanam berhasil meraih penghargaan Iron dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Dengan mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, desain ini memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Seuk Hoon Kim
Kredit Gambar: All images : Photographer Studio Eccentric, 2021
Anggota Tim Proyek: Seuk Hoon Kim
Nama Proyek: Whitelier Hanam
Klien Proyek: Seuk Hoon Kim


Whitelier Hanam IMG #2
Whitelier Hanam IMG #3
Whitelier Hanam IMG #4
Whitelier Hanam IMG #5
Whitelier Hanam IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang