Wellings No.5: Pengalaman Baru dalam Industri Farmasi

Desain Unik yang Menggabungkan Gaya Hidup dan Kesehatan

Nestled di zona warisan, desain Wellings No.5 mempertahankan elemen-elemen bangunan yang ada untuk memberikan sentuhan warisan pada apotek ini. Penggunaan kembali tiga lengkungan bangunan yang ada untuk menciptakan lebih banyak pintu masuk menunjukkan permeabilitas dengan menunjukkan hubungan timbal balik antara ruang ritel. Elemen struktural, perabot, dan penyelesaian dirancang dengan bentuk, bahan, dan warna yang bermain-main dan ringan untuk menciptakan suasana ceria, dengan tujuan untuk menjauh dari desain apotek tradisional yang kaku.

Apotek tradisional sering kali digambarkan memiliki lingkungan yang kaku. Interior apotek biasanya dirancang agar terasa dingin dan terang, sehingga konsumen hanya menghabiskan waktu singkat saat mengunjungi untuk produk kesehatan dan obat-obatan. Wellings No.5 mengusung pendekatan yang berbeda yang memungkinkan konsumen menikmati waktu mereka saat berkunjung. Dengan menambahkan suasana santai dan ceria ke ruang tersebut, hal ini memotivasi konsumen untuk lebih cenderung menjaga kesehatan fisik dan mental mereka.

Konsep dan desain dikembangkan dengan mempertimbangkan kriteria yang ditentukan oleh klien, seperti suasana hati, tujuan, dan lokasi. Perencanaan dimulai dengan proposal mood board yang berasal dari informasi yang terkumpul. Setelah konsep telah diputuskan, analisis situs dilakukan sebelum memulai. Tim kemudian mulai mengembangkan ide mereka melalui penarikan tata letak untuk menentukan aliran interior dan melanjutkan ke desain skematik 3D setelah tata letaknya final.

Dulu merupakan bangunan tempat tinggal, total luas bangunan yang ada adalah 3400 kaki persegi. Lantai dasar bangunan terdiri dari ruang masuk, ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar mandi, beberapa kamar tidur dengan ruang pembantu kecil di belakang. Naik tangga spiral ke lantai pertama adalah ruangan besar yang terhubung dengan tiga balkon dan sebuah kamar mandi. Pintu keluar darurat yang terletak di samping kamar mandi mengarah ke tangga darurat.

Desain ini menunjukkan hubungan timbal balik antara lima fungsi yang terletak di lantai dasar; ritel untuk gaya hidup, perawatan tubuh, rehabilitasi, perawatan kesehatan, dan konsultasi. Produk kerajinan dan toko buku dikategorikan sebagai gaya hidup. Ritel bebas obat untuk perawatan tubuh dan kesehatan berdekatan dengan area konsultasi. Dengan ritel perawatan rehabilitatif yang terletak di belakang, sebuah rampa dirancang untuk orang cacat dapat mengaksesnya. Sebuah ruang serbaguna di atasnya ditujukan untuk pertemuan dan seminar.

Proyek ini dimulai pada Mei 2019 dan selesai pada Februari 2020. Terletak di 294, Jalan Macalister, 10400 George Town, Penang, Malaysia.

Merancang sebuah apotek ritel tidak hanya memerlukan persyaratan klien tetapi juga penelitian tentang alur apotek. Tata letak ditentukan oleh alokasi ruang dan ukuran untuk masing-masing fungsi, bersama dengan hierarki ruang. Sebagai ritel farmasi dengan peralatan perawatan rehabilitasi, pertimbangan untuk orang cacat juga dimasukkan ke dalam desain seperti dengan menambahkan ram dan menyediakan ruang yang cukup untuk demonstrasi peralatan.

Dengan persyaratan konservasi bangunan warisan yang harus dipertimbangkan, tantangan yang dihadapi adalah merancang konsep desain yang sesuai. Karakter asli dan profil bangunan harus dipertahankan. Perubahan internal, perluasan bagian belakang dan samping diizinkan untuk penggunaan adaptif bangunan yang akan meningkatkan kualitas bangunan yang ada. Elemen arsitektur harus konsisten bersama dengan penggunaan material yang harus memiliki profil, desain, warna, dan tekstur yang serupa.

Wellings No.5, yang bertujuan untuk mengunggah tagline industri farmasi, "Passion For Healing", menggabungkan tren gaya hidup dan kesehatan. Terinspirasi oleh latar belakang warisan bangunan dan kota, apotek ritel ini menawarkan pengalaman penyembuhan yang baru bagi konsumennya dengan menampilkan ruang gaya hidup mulai dari produk kerajinan lokal hingga sudut bacaan. Sebuah contoh sempurna dari "Lifestyle Pharmacy".

Gambar: TWJPTO

Desain ini meraih Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award 2021 untuk Kategori Desain Ruang Interior, Ritel, dan Pameran. Penghargaan A' Design Perunggu diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan kecerdikan. Dianggap sebagai praktik terbaik dalam seni, ilmu, desain, dan teknologi, desain ini menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Chaos Design Studio
Kredit Gambar: All images: TWJPTO
Anggota Tim Proyek: Charles Khor Serena Foo Ng Ke Quan
Nama Proyek: Holistic Healing
Klien Proyek: Chaos Design Studio


Holistic Healing IMG #2
Holistic Healing IMG #3
Holistic Healing IMG #4
Holistic Healing IMG #5
Holistic Healing IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang