Cloud: Apartemen Liburan yang Memadukan Estetika dan Fungsionalitas

Desain Inovatif Jui Min Chen yang Menggabungkan Kecantikan Alam dan Kemudahan Hidup Modern

Desain apartemen liburan yang unik ini menciptakan suasana liburan dalam ruang kecil, dengan menggabungkan keindahan pegunungan dan hutan, serta menggunakan bentuk melengkung untuk melambangkan pelukan hijau melalui ruang tersebut.

Desainer Jui Min Chen terinspirasi untuk menciptakan suasana liburan dalam ruang kecil. Dengan menggabungkan keindahan pegunungan dan hutan, Chen menggunakan bentuk melengkung untuk melambangkan pelukan hijau melalui ruang. Panduan visual dicapai dengan menggunakan kohesivitas garis, yang mengarahkan setiap ruang di dalam ke luar dan menciptakan hubungan kuat dengan alam luar.

Apartemen liburan bergaya lot ini dirancang dengan ide pengurangan. Desain ini mengintegrasikan kebutuhan dan fungsi, serta memasukkan fungsi hidup ke dalam estetika ruang, menggunakan garis sederhana dan warna primer untuk menutupi struktur pendukung bangunan. Penggunaan bahan bangunan yang permeabel sepanjang proyek memperluas visi dan mengurangi rasa penindasan di ruang kecil.

Sebuah tangga ringan yang terbuat dari panel baja tipis dan kayu lapis pinus adalah sumbu visual desain ini. Sebuah jenis tangga anyaman yang berbeda digunakan untuk meningkatkan penetrasi ruang. Selain penguatan tangga gantung melalui koneksi dengan bingkai baja di dalam dinding, dukungan utama berasal dari tali baja yang dibungkus dengan tali, dan kunci baja dan perban khusus untuk menghubungkan lantai ke langit-langit untuk memperkuat dukungan tangga.

Proyek ini dimulai pada Oktober 2019 dan selesai pada Januari 2020 di Yilan, Taiwan. Dengan ruang yang terbatas, desainer menemukan bahwa ada sekitar 3,3 meter persegi ruang yang tersisa di ruang saluran di atas kamar mandi, kecuali peralatan penyimpanan panas, selama pengukuran dan analisis struktural. Setelah pengukuran ergonomis yang rinci, partisi dibuka di dinding di atas kamar mandi, dan platform baja lantai-langit yang berbentuk L digunakan untuk memperkuat struktur partisi dan menambahkan ruang ganti yang sederhana.

Desain ini dianugerahi Iron dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada 2022. Iron A' Design Award diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan pemenuhan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Dalam apartemen kecil di Yilan, Taiwan, ruang liburan bergaya lot yang ringan dan dinamis diciptakan dengan pola pikir pengurangan. Tinggi penuh interior adalah 380 cm. Tinggi bagian bawah lantai mezanin adalah 120 cm, dan ukuran total adalah 40 meter persegi. Penggunaan bahan bangunan dan struktur yang permeabel untuk mengurangi pembagian ruang, bersama dengan tangga gantung dan batang cahaya yang menghubungkan tangga, memperluas ruang visual. Bentuk melengkung digunakan untuk memandu ruang secara visual melalui garis, menciptakan koneksi antara interior dan alam luar.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: JUI MIN CHEN
Kredit Gambar: Image #1: Mooten Studio, Cloud, 2020. Image #2: Mooten Studio, Cloud, 2020. Image #3: Mooten Studio, Cloud, 2020. Image #4: Mooten Studio, Cloud, 2020. Image #5: Mooten Studio, Cloud, 2020.
Anggota Tim Proyek: JUI MIN CHEN
Nama Proyek: Cloud
Klien Proyek: JUI MIN CHEN


Cloud IMG #2
Cloud IMG #3
Cloud IMG #4
Cloud IMG #5
Cloud IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang