Next Hub: Membentuk Masa Depan Arsitektur Campuran

Sebuah Inovasi Arsitektur oleh Ahmed Habib yang Menggabungkan Fungsi dan Estetika

Next Hub, sebuah proyek arsitektur inovatif oleh Ahmed Habib, menggabungkan berbagai fasilitas dalam satu lingkungan yang terintegrasi. Proyek ini mencerminkan bagaimana arsitektur dan desain dapat berkolaborasi untuk menciptakan pengalaman yang unik dan menarik.

Next Hub terinspirasi dari pasar tradisional lama "Wikala". Massa proyek ini disusun sedemikian rupa untuk melingkupi plaza sentral utama, menciptakan pemandangan internal dan pengalaman urban dengan interaksi sosial. Garis cakrawala proyek ini dirancang dengan dinamis dengan ketinggian yang berbeda, terinspirasi dari pegunungan alami dan garis cakrawala topografi Saudi. Mengambil inspirasi dari arsitektur tradisional Arab, bangunan hotel dan admin dirancang dengan halaman internal untuk membawa ventilasi dan sinar matahari alami.

Next Hub adalah desain campuran yang mengintegrasikan arsitektur dan lanskap yang berpadu dengan berbagai fasilitas termasuk perhotelan, admin, hiburan, ritel, makanan & minuman, dan zona rekreasi. Ide konseptualnya adalah untuk mengeksplorasi hubungan arsitektur antara padat dan kosong, melalui komposisi dinamis dari massa dan pengadilan yang menciptakan dialog antara ruang internal dan eksternal, untuk menikmati cahaya alami dan pemandangan lanskap sepanjang tahun.

Proyek ini dibuat dengan struktur utama dari beton dan baja, dengan penyelesaian arsitektur utama dari batu travertine perak yang diasah, baja hitam, stuko coklat desaturasi, dan kaca berlapis ganda. Dengan luas lahan 23000 meter persegi, Next Hub mencakup hotel dengan 108 kamar, bangunan admin, toko makanan & minuman, zona hiburan anak-anak, plaza outdoor, dan parkir.

Proses desain proyek ini dimulai pada Juli 2020 dan selesai pada Oktober 2020 di Jeddah, Arab Saudi. Dalam prosesnya, tim desain menghadapi tantangan dalam menciptakan tujuan yang menawarkan pengalaman sosial berkualitas dan mendefinisikan kembali citra kompleks campuran di Jeddah, sambil menghormati persyaratan iklim dan kebutuhan budaya yang ditentukan oleh tradisi Arab.

Next Hub telah memenangkan penghargaan Silver dalam A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Ahmed Habib
Kredit Gambar: Ahmed Habib
Anggota Tim Proyek: Design Director: Ahmed Habib Design Architect: Sveva Salimbene Design Architect: Ehab Hassan 3D Visualization: Oleksandr Bakhmatskyi
Nama Proyek: Next Hub
Klien Proyek: Ahmed Habib


Next Hub IMG #2
Next Hub IMG #3
Next Hub IMG #4
Next Hub IMG #5
Next Hub IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang