Silhouettes: Lampu Meja Inovatif Karya Alexey Danilin

Inspirasi dari Matryoshka, Lampu Meja yang Dapat Disesuaikan dan Ramah Lingkungan

Lampu meja 'Silhouettes' karya Alexey Danilin menawarkan pengalaman interaktif dan desain yang dapat disesuaikan oleh pengguna. Dengan inspirasi dari mainan tradisional Rusia, Matryoshka, lampu ini menampilkan desain unik yang dapat disesuaikan dan dikemas dengan efisien untuk menghemat ruang dan logistik.

Desain 'Silhouettes' berasal dari prinsip desain Matryoshka, yang terdiri dari satu bentuk dalam berbagai skala yang dapat menciptakan objek umum. Dalam hal ini, lampu meja ini terdiri dari tiga "siluet" logam yang dapat bergerak, memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan lampu sesuai keinginan mereka. Selain itu, pendekatan ini memungkinkan semua fitur untuk ditempatkan dalam satu bidang, menciptakan paket yang kompak dan ramah lingkungan.

Menurut Danilin, tantangan utama dalam merancang 'Silhouettes' adalah memikirkan bagaimana "siluet" logam bisa berpotongan di bagian bawah tubuh lampu, di mana semua elemen harus berada pada level yang sama untuk stabilitas lampu meja. Selain itu, ia juga harus menciptakan pengait untuk kabel. Meski demikian, tantangan ini berhasil diatasi, menghasilkan lampu meja yang stabil dan fungsional.

Lampu 'Silhouettes' ini dibuat dengan bingkai logam, kaca buram, papan LED, dan kabel kain. Dengan tinggi 500 mm, lampu ini dapat menjadi pencahayaan tambahan yang fungsional atau lampu kerja yang berguna. Seri warna putih, hitam, merah, dan kuningan memungkinkan lampu ini cocok dengan interior modern apa pun.

Proyek ini dimulai pada Maret 2018 di Moskow dan selesai pada Mei 2018 di kota yang sama. Dalam prosesnya, Danilin melakukan penelitian untuk menciptakan struktur yang dapat bergerak dan disesuaikan oleh setiap orang, sekaligus dapat dirakit untuk menghemat ruang demi ekologi. Hasilnya, lampu 'Silhouettes' ini tidak hanya menawarkan desain yang inovatif dan interaktif, tetapi juga ramah lingkungan.

Pada tahun 2021, 'Silhouettes' memenangkan Silver A' Design Award dalam kategori Produk dan Desain Pencahayaan. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang menunjukkan keahlian dan inovasi luar biasa, serta memiliki karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Alexey Danilin
Kredit Gambar: Alexey Danilin
Anggota Tim Proyek: Alexey Danilin
Nama Proyek: Silhouettes
Klien Proyek: Alexey Danilin


Silhouettes IMG #2
Silhouettes IMG #3
Silhouettes IMG #4
Silhouettes IMG #5
Silhouettes IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang