Menikmati Keindahan Jalan Setapak Scenic Path Along Guixeres

Menjelajahi Keajaiban Alam dengan Batlle i Roig Arquitectura

Pada era modern ini, semakin banyak orang yang mencari cara untuk terhubung dengan alam dan menjalani gaya hidup yang lebih berkelanjutan. Salah satu cara yang populer adalah dengan menjelajahi jalur pejalan kaki dan jalur sepeda yang indah. Salah satu proyek yang menarik perhatian adalah Scenic Path Along Guixeres yang dirancang oleh Batlle i Roig Arquitectura. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang keunikan dan keindahan dari proyek ini.

Proyek ini merupakan bagian dari Green Ring di Igualada, Spanyol, yang bertujuan untuk menciptakan jalur pejalan kaki dan sepeda sebagai sabuk di sekitar kota. Infrastruktur mobilitas berkelanjutan ini bertujuan untuk menciptakan jaringan ruang terbuka yang cocok untuk kegiatan rekreasi yang ramah lingkungan, dengan mengadaptasi dan memulihkan ruang yang saat ini jarang digunakan atau terdegradasi. Salah satu bagian dari proyek ini adalah jalur tambang gipsum yang melibatkan adaptasi dari sebagian jalur sepanjang 1,65 km, di mana 800 meter sudah selesai.

Proyek ini memiliki dua tujuan utama. Pertama, menciptakan konektivitas dengan mencapai kelanjutan proyek ini di seluruh kota (green ring). Kedua, memulihkan lanskap dan keanekaragaman hayati dengan menciptakan elemen-elemen yang diperlukan untuk menghasilkan dinamika baru di lokasi ini yang secara bertahap akan meningkatkan kondisi lingkungan melalui penggunaan air yang terkumpul. Proposal ini menciptakan bagian dengan tiga jalur yang jelas berbeda, yang beradaptasi dengan situasi yang berbeda dalam tata letak, mengatasi masalah yang ada dan mengembangkan potensinya.

Jalur tengah, dengan jalur granit-pasir utama selebar 3 meter, menjamin kelanjutan Green Ring. Jalur luar adalah tempat pemandangan linear yang menghadap ke kota. Jalur selebar 1,2 meter yang diperkeras dengan beton untuk memastikan aksesibilitas dan menggunakan agregat bercahaya untuk meningkatkan visibilitas saat malam hari. Tata letak tempat pemandangan linear ini mengakui landmark, vegetasi, dan pohon utama yang sudah ada dengan memperlebar dan menciptakan area istirahat. Jalur dalam berfungsi sebagai saluran tanaman untuk mengalirkan air hujan dan menghasilkan jalur keselamatan untuk mencegah longsor kecil. Batu-batu yang jatuh digunakan untuk membangun area penahanan air dan mengarahkannya ke titik-titik baru di mana vegetasi telah ditanam untuk menghuni tempat tersebut.

Proyek ini memiliki luas 5.600 meter persegi dan panjang 800 meter. Selain itu, proyek ini juga melibatkan sejumlah anggota tim yang berdedikasi, termasuk arsitek, insinyur pertanian, dan insinyur bangunan. Kolaborasi mereka menghasilkan desain yang luar biasa dan inovatif.

Intervensi ini menciptakan landmark yang terlihat dari jauh (tempat pemandangan) yang berfungsi sebagai pemulihan untuk seluruh kota dan mendorong penggunaan ruang tersebut. Selain itu, jalur ini dilengkapi dengan beberapa area kecil yang strategis ditempatkan di area-area yang paling istimewa. Bagian jalur ini berakhir di dek observasi akhir yang menjorok ke atas gunung, memberikan pemandangan panorama Anoia dan Pegunungan Montserrat. Proyek ini telah diterima dengan baik oleh warga. Mereka berbondong-bondong untuk berjalan-jalan dan berolahraga di waktu luang mereka. Hal ini telah mendorong pemerintah kota untuk melanjutkan segmen tambahan dari jalur ini untuk terus memperluas Green Path di sekitar kota.

Proyek ini dimulai pada Mei 2017 dan selesai pada Januari 2018. Meskipun proyek ini dihadapkan pada keterbatasan anggaran, tim desainer berhasil mengatasi tantangan tersebut dan menghasilkan desain yang luar biasa. Proyek ini telah diakui dengan berbagai penghargaan, termasuk Golden A' Design Award dalam kategori City Planning and Urban Design Award pada tahun 2021.

Dengan Scenic Path Along Guixeres, Batlle i Roig Arquitectura telah menciptakan sebuah karya yang menggabungkan keindahan alam dengan keberlanjutan dan pemulihan lingkungan. Proyek ini tidak hanya menjadi tempat rekreasi yang populer, tetapi juga menjadi simbol dari upaya untuk menghubungkan manusia dengan alam dan mempromosikan gaya hidup yang lebih berkelanjutan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: BATLLE I ROIG ARQUITECTURA
Kredit Gambar: Image #1: Photographer Jordi Surroca, Guixeres (1), 2018. Image #2: Photographer Jordi Surroca, Guixeres (2), 2018. Image #3: Photographer Jordi Surroca, Guixeres (3), 2018. Image #4: Photographer Jordi Surroca, Guixeres (4), 2018. Image #5: Photographer Jordi Surroca, Guixeres (5), 2018. Video Credits: Stupendastic Films
Anggota Tim Proyek: Architect: Enric Batlle Architect: Joan Roig Architect: Ivan Sanchez Architect: Mario Súñer Architect & Landscape Architect: Livia Valentini Agriculture Engineer & Landscape Designer: Dolors Feu Agricultural Engineer & Environmentalist: Yago Cavaller Building Engineer & Landscape Designer: Diana Calico
Nama Proyek: Scenic Path
Klien Proyek: BATLLE I ROIG ARQUITECTURA


Scenic Path IMG #2
Scenic Path IMG #3
Scenic Path IMG #4
Scenic Path IMG #5
Scenic Path IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang