360 Design Budapest: Menggabungkan Dunia Fisik dan Digital dalam Pameran Desain

Sebuah Inovasi Pameran oleh Hungarian Fashion and Design Agency

Pameran desain yang menggabungkan pengalaman fisik dan digital, menciptakan pengalaman baru bagi pengunjung dalam menikmati karya-karya desain kontemporer.

360 Design Budapest adalah sebuah pameran desain yang diinisiasi oleh Hungarian Fashion and Design Agency. Pameran ini memiliki tujuan untuk menampilkan perkembangan industri desain Hungaria saat ini, serta peran desain dalam kehidupan sehari-hari. Pameran ini menampilkan desainer-desainer dari Hungaria dan regional, yang bekerja dengan standar tertinggi, menunjukkan bahwa desain Hungaria dan Eropa Tengah berkelas dunia.

Yang unik dari pameran ini adalah sifatnya yang phygital, menggabungkan pengalaman fisik dan digital. Meski dalam situasi pandemi, pameran ini berhasil diselenggarakan dan dapat dikunjungi baik secara offline maupun online. Di platform digital, pengunjung dapat berjalan-jalan di ruang pameran seperti sedang mengunjungi pameran fisik, dan mengagumi karya-karya desainer kontemporer Hungaria.

Untuk platform digitalnya, elemen kunci yang menjadi pertimbangan adalah bagaimana pengunjung yang hanya mengunjungi platform digital dapat merasakan pengalaman yang sama seperti mereka yang berjalan di ruang fisik. Berkat pameran digital ini, penonton memiliki kesempatan untuk mengenal kreasi yang ditampilkan dari sudut pandang desainer sekaligus cerita di baliknya. Dengan hanya mengklik ikon di samping setiap produk, mereka yang tertarik juga bisa mengetahui esensi sejati dari karya-karya unik ini dan bahkan memiliki kesempatan untuk membelinya.

Pameran fisik berlangsung di ruang khusus seluas 265 m2, yang dibagi menjadi 5 bagian utama: area registrasi dan sambutan, ruang media untuk menampilkan diskusi meja bundar yang telah didaftarkan sebelumnya di layar raksasa, dan 3 ruang pameran yang didedikasikan untuk karya seni mengikuti konsep acara. Sementara ruang pameran digital merupakan perluasan dari ruang fisik, dan dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi cerminan tepat dari ruang fisik yang dibangun.

360 Design Budapest berhasil meraih penghargaan Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menunjukkan pengalaman dan kecerdasan, dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia tempat yang lebih baik.

360 Design Budapest adalah sebuah terobosan dalam dunia pameran desain, menunjukkan bagaimana teknologi digital dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dan memungkinkan lebih banyak orang untuk menikmati karya-karya desain yang luar biasa, terlepas dari lokasi geografis mereka. Pameran ini juga menjadi contoh bagaimana industri desain dapat beradaptasi dan berkembang di tengah tantangan pandemi.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Hungarian Fashion & Design Agency Ltd.
Kredit Gambar: Hungarian Fashion & Design Agency Ltd.
Anggota Tim Proyek: Hungarian Fashion & Design Agency Ltd.
Nama Proyek: 360 Design Budapest
Klien Proyek: Hungarian Fashion & Design Agency Ltd.


360 Design Budapest IMG #2
360 Design Budapest IMG #3
360 Design Budapest IMG #4
360 Design Budapest IMG #5
360 Design Budapest IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang