Centennial Shameen: Transformasi Arsitektur Bersejarah Menjadi Ruang Budaya Multifungsi

Way Architects Menghidupkan Kembali Bangunan Bersejarah dengan Sentuhan Desain Kontemporer

Centennial Shameen, sebuah proyek renovasi arsitektur yang menggabungkan nilai-nilai historis dan estetika modern, telah berhasil mengubah bangunan bersejarah menjadi ruang budaya multifungsi yang menarik.

Proyek ini terletak di Jalan Shamian No.41, di pusat Pulau Shamian, yang dibangun pada tahun 1862 dan memiliki sejarah panjang selama 159 tahun. Dengan menghargai konsep perlindungan dan penggunaan kembali bangunan bersejarah, Way Architects telah berhasil mengubahnya menjadi ruang budaya multifungsi yang dapat menampung berbagai kegiatan, mulai dari pameran seni budaya hingga rumah teh bagi komunitas.

Inspirasi desain proyek ini berasal dari konteks lokal. Tekstur lantai pasir yang kontras dengan batu hitam, serta tiga jenis butiran pada batu yang diselingi dengan volume putih, mencerminkan makna historis Shamian yang telah terkikis oleh air Sungai Mutiara sejak zaman dahulu. Selain itu, bangunan ini juga mempertahankan gaya aslinya, dengan proporsi pintu dan jendela yang presisi, serta garis-garis cetakan yang kaya.

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang, Way Architects memanfaatkan ketinggian langit-langit 4,55 meter di ruangan seluas 260 meter persegi dengan menambahkan lantai antara dari baja. Ini menciptakan ruang mezanin dengan struktur rangka independen yang memungkinkan lebih banyak kemungkinan dalam penggunaan ruang.

Proyek ini juga menampilkan interaksi antara elemen-elemen baru dan lama. Material baru, desain baru, dan teknik pencahayaan terbaru ditambahkan ke ruang klasik, berinteraksi dengan sistem pilar lama. Hal ini menciptakan kontras yang jelas antara elemen-elemen baru dan lama, memberikan pengalaman ruang yang unik dan menarik.

Proyek ini dimulai pada Mei 2020 dan selesai pada Januari 2021 di Pulau Shameen, Guangzhou, China. Dalam prosesnya, Way Architects berhasil mengatasi berbagai tantangan kreatif dan teknis, termasuk menciptakan transisi ruang yang menonjol dari bentuk lama dan menambahkan material dan teknik desain baru untuk menekankan perbedaan antara gaya lama dan baru.

Centennial Shameen telah memenangkan Penghargaan Desain A' Kategori Iron dalam bidang Interior Space, Retail and Exhibition Design pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Penghargaan ini menghargai integrasi praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, yang memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: WAY Architects
Kredit Gambar: WAY Architects
Anggota Tim Proyek: Design Director: Keven Wong Design Director: Fanmie Lead Designer: Chow Hou Hong
Nama Proyek: Centennial Shameen
Klien Proyek: WAY Architects


Centennial Shameen IMG #2
Centennial Shameen IMG #3
Centennial Shameen IMG #4
Centennial Shameen IMG #5
Centennial Shameen IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang