Desain "Spring Breeze" oleh Qingtao Ji: Transformasi Ruang Kantor yang Unik

Menghadirkan Sentuhan Khas Tiongkok dalam Desain Ruang Kantor

Desain "Spring Breeze" oleh Qingtao Ji adalah sebuah proyek renovasi yang mengubah bangunan keluarga tunggal berstruktur baja menjadi ruang kantor terpadu bergaya Tiongkok. Dalam proyek ini, desainer harus memastikan fungsionalitas ruang, menciptakan lingkungan bergaya Tiongkok, dan mengubah pencahayaan dalam ruangan secara bersamaan.

Desainer membangun sebuah rumah gantung kayu di dalam bangunan asli dan mengubah ruang interior dengan teknik desain arsitektur untuk membentuk tata ruang yang rasional dan mengoptimalkan lingkungan ruang. Rumah gantung ini sepenuhnya dibuat dengan teknik tradisional dan memiliki tata letak tertutup. Satu sisi adalah bangunan dua lantai di tanah, sementara tiga sisi lainnya berada di udara. Dua baris tiang dan balok terhubung untuk mendukung ruangan dan koridor yang tergantung.

Desain "Spring Breeze" terinspirasi dari rumah gantung di Tiongkok bagian barat daya, sebuah struktur kayu kuno dengan bentuk yang indah, struktur yang halus, dan karakteristik regional yang kuat. Desainer membangun sebuah rumah gantung kayu di dalam bangunan asli. Interaksi antara sinar matahari dan rumah kayu menjadi tema utama ruang ini, membentuk kontras visual antara interior dan eksterior, yang meninggalkan kesan mendalam bagi para pengunjung.

Proyek ini berlokasi di Kunming dengan iklim dataran tinggi. Desainer menggunakan desain dinding ganda untuk mengendalikan sinar matahari yang masuk langsung ke area kerja melalui fasad kaca. Cahaya yang terdifraksi dan dipantulkan oleh pagar kayu juga menjadi elemen dekoratif unik dalam ruangan. Selain itu, desainer juga menyiapkan area sinar matahari, di mana orang dapat menikmati sinar matahari dataran tinggi pada waktu senggang.

Transformasi ruang dengan teknik arsitektur, penampilan bentuk arsitektur tradisional dalam ruang modern, dan konstruksi efek interaktif cahaya dan bayangan dalam ruang adalah beberapa penelitian yang mendasari desain ini. Desainer menghadapi tantangan besar dalam menciptakan ruang bergaya Tiongkok di dalam bangunan berstruktur baja yang penuh dengan karakteristik industri modern. Namun, desainer menggunakan teknik arsitektur tradisional untuk membangun sebuah rumah kayu bergaya Tiongkok yang baru. Desainer menggunakan perabotan, hiasan, gambar, dan elemen dekoratif bergaya Tiongkok untuk menciptakan desain bergaya Tiongkok yang khas.

Desain "Spring Breeze" oleh Qingtao Ji telah dianugerahi Golden A' Design Award dalam kategori Interior Space, Retail, dan Exhibition Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang luar biasa, menakjubkan, dan berwawasan masa depan yang mencerminkan kejeniusan dan kebijaksanaan desainer. Desain ini adalah produk yang dihormati dan gagasan yang cemerlang yang memajukan seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, mewujudkan keunggulan yang luar biasa dan berdampak signifikan pada dunia dengan karakteristik yang diinginkan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Qingtao Ji
Kredit Gambar: photographer: Qilin Zhang
Anggota Tim Proyek: Qingtao Ji Yao Xiao Mei Hong
Nama Proyek: Spring Breeze
Klien Proyek: Qingtao Ji


Spring Breeze IMG #2
Spring Breeze IMG #3
Spring Breeze IMG #4
Spring Breeze IMG #5
Spring Breeze IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang