Shining in Wisdom and Glory: Karya Seni Publik yang Mengagumkan

Sebuah Karya Seni Publik yang Menggambarkan Keberanian dan Keagungan

Karya seni publik "Shining in Wisdom and Glory" merupakan sebuah karya seni yang terbuat dari stainless steel tahan asam, keramik, kaca, dan LED. Karya ini menggambarkan keberanian dan keagungan polisi dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Dengan mengadopsi bentuk dan warna lencana polisi Taiwan, karya ini menciptakan elemen metaforis yang kreatif. Gambar panorama yang menggambarkan pemandangan kota yang tak terbatas melambangkan kecepatan dan semangat polisi, sedangkan cermin bulat melambangkan keterampilan pengamatan yang tajam dan keadilan. Ini adalah misi dan visi dari polisi.

"Shining in Wisdom and Glory" memiliki keunikan tersendiri. Terbuat dari stainless steel tahan asam, keramik, dan kaca, permukaan ketiga bahan ini memiliki berbagai tekstur yang berbeda seperti kasar, cermin, dan permukaan yang dipoles. Ketiga bahan ini memiliki karakteristik memantulkan cahaya alami dan cahaya buatan, namun dengan efek yang berbeda-beda. Terutama, cabochon stainless steel dapat memantulkan pemandangan sekitar seperti sebuah mata besar yang selalu peduli dan menjaga kota. Dalam kondisi terang oleh cahaya LED, karya ini menampilkan gaya yang lebih menawan baik pada siang hari maupun malam hari.

"Shining in Wisdom and Glory" merupakan karya seni publik yang terbuat dari stainless steel, keramik, dan kaca peleburan. Karya ini juga merupakan seni mozaik dengan media campuran. Ketiga bahan ini memiliki keunggulan bersama, yaitu efek pemantulan cahaya yang kuat dan tahan terhadap cuaca. Bahan-bahan ini juga tahan terhadap asam dan akan bertahan selamanya.

Karya seni ini memiliki spesifikasi teknis dengan ukuran 1150 CM x 320 CM x 150 CM. Dibuat oleh desainer Kuo Hsiang Kuo, karya ini merupakan hasil kolaborasi dengan seniman Kuo Kuo-Hsiang dan kurator Wei Yen-Shun. "Shining in Wisdom and Glory" dipasang di dinding ruang dalam lobi gedung, menghadap pintu masuk utama dan pintu keluar lift. Karya ini menciptakan suasana yang cerah dan penuh harapan, menyambut orang-orang yang bekerja dan berinteraksi dengan masyarakat di tempat ini. Karya ini menjadi landmark spiritual di tempat tersebut.

Proyek ini dimulai pada bulan April 2020 dan selesai dengan pemasangan di Kepolisian Pemerintah Kota Taichung, Taiwan pada bulan Desember 2020. Untuk mewujudkan karya ini, dilakukan penelitian yang mendalam. Lebih dari 100 potongan keramik dengan tekstur dan warna yang berbeda digunakan, serta kaca khusus yang dapat menyelaraskan warna-warna tersebut. Semua potongan ini dipotong dan disusun secara manual. Cermin stainless steel tiga dimensi dan lampu LED yang tersembunyi menjadi jiwa dari karya ini. Mereka memungkinkan setiap sudut di ruang tersebut terintegrasi dalam pandangan mata, dan melalui burung-burung yang tergantung, pemandangan karya ini berlanjut dari dinding 2D ke ruang 3D.

"Shining in Wisdom and Glory" berhasil mengatasi tantangan kreatif, teknis, dan penelitian dengan menggunakan simbol visual abstrak untuk menginterpretasikan gambaran seorang polisi yang adil dan berkeadilan dalam melawan kejahatan dan menstabilkan masyarakat. Karya ini menciptakan suasana yang cerah dan penuh harapan.

"Shining in Wisdom and Glory" adalah sebuah karya seni publik yang mengagumkan. Dengan menggambarkan keberanian dan keagungan polisi, karya ini memberikan penghormatan kepada mereka yang menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Karya ini juga menjadi landmark spiritual di tempatnya dipasang. Dibuat dengan menggunakan teknologi dan bahan-bahan berkualitas tinggi, karya ini akan bertahan lama dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari lingkungan urban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: KUO, KUO-HSIANG
Kredit Gambar: Photos #1, #2, #3, #4, #4 photographer - Kuo,Kuo-Hsiang Video - Changs.Art
Anggota Tim Proyek: Artist:Kuo,Kuo-Hsiang Curator:Wei,Yen-Shun
Nama Proyek: Shining in Wisdom and Glory
Klien Proyek: KUO, KUO-HSIANG


Shining in Wisdom and Glory IMG #2
Shining in Wisdom and Glory IMG #3
Shining in Wisdom and Glory IMG #4
Shining in Wisdom and Glory IMG #5
Shining in Wisdom and Glory IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang