Liberte: Kebebasan dalam Desain Restoran

Desain Interior yang Menggabungkan Keunikan dan Kebebasan

Restoran Liberte, seperti namanya, menggambarkan kebebasan. Namun, konsep ini tidaklah mudah untuk diinterpretasikan. Tim desain memahami kebebasan sebagai pembebasan dari batasan-batasan. Seperti musik Philip Glass, perubahan-perubahan halus dan terus-menerus dari elemen-elemen dasar mengakumulasi dalam sistem yang ketat untuk membentuk tema. Terdapat perubahan-perubahan halus di antara perubahan-perubahan tersebut.

Desain Liberte memiliki keunikan yang membedakannya dari restoran lainnya. Tanpa elemen-elemen yang biasa ditemukan di pintu masuk, dinding putihnya menarik perhatian pengunjung. Lanskap air memberikan petunjuk tentang perpindahan ruang. Cukup berputar dan berjalan beberapa langkah untuk memasuki dunia yang istimewa. Dinding lengkung yang mengalir tanpa garis yang terputus membentuk ruang, dari langit-langit hingga lantai.

Desain ini direalisasikan dengan menggunakan teknologi yang canggih. Kepala koki dan konsultan merek yang bekerja sama dalam jangka panjang mengusulkan untuk mendesain kursi restoran seperti teater. Hubungan antara warna dan suasana pelayanan dipertimbangkan dengan cermat. Beberapa nuansa warna abu-abu-beige dan putih dengan tekstur diterapkan, yang berasal dari estetika dekorasi piring Takeda.

Restoran Liberte memiliki luas proyek sebesar 200 meter persegi. Desainnya menggabungkan keindahan dan fungsionalitas. Warna meja adalah campuran dari berbagai nuansa putih, seperti lukisan dengan tekstur taplak meja. Ukuran kursi dan penyebaran cahaya diukur dengan hati-hati. Jarak antara kursi dan dapur diatur sedemikian rupa sehingga nyaman bagi staf untuk mendukung para koki atau istirahat. Desainnya tidak hanya elegan dan bebas, tetapi juga koheren dan efektif. Liberte menginterpretasikan kebebasan dengan semangat modern.

Proyek ini selesai pada bulan Desember 2020 di Kaohsiung, Taiwan. Dalam merealisasikan desain ini, tim desain menghadapi beberapa tantangan kreatif dan teknis. Titik pertemuan cahaya menciptakan kesan ruang yang anggun seolah tidak ada gravitasi. Elemen-elemen yang sederhana tetapi seimbang, seperti kaligrafi, memberikan kesan alami.

Restoran Liberte telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas desainnya yang luar biasa. Pada tahun 2021, desain ini meraih Penghargaan Perunggu dalam kategori Desain Interior, Ruang Retail, dan Pameran di A' Design Award. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif dan inovatif yang menggabungkan pengalaman dan kecerdikan. Desain ini juga dihargai karena menerapkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Sumber gambar: Fotografer Kevin Wu, Liberte, 2020.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Variety Enterprise Co., Ltd
Kredit Gambar: Image #1-5: Photographer Kevin Wu, Liberte, 2020.
Anggota Tim Proyek: Designer: Sin-Feng Lin Designer: Chia-Yen Wei Designer: Wei-Lin Wu
Nama Proyek: Liberte
Klien Proyek: Variety Enterprise Co., Ltd


Liberte IMG #2
Liberte IMG #3
Liberte IMG #4
Liberte IMG #5
Liberte IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang