Or Atelier: Menciptakan Gaya Hidup Mewah Melalui Desain Ruang Ritel

Las Design Menghadirkan Inspirasi Arsitektur Yunani Kuno dalam Desain Ritel Kontemporer

Or Atelier, sebuah proyek oleh Las Design, menunjukkan bagaimana seni, arsitektur, dan desain dapat berkolaborasi untuk menciptakan pengalaman belanja yang unik dan mewah. Dengan menggabungkan estetika timur dan teknik barat, desain ini menciptakan ruang yang menarik dan berkelas.

Or Atelier tidak mengikuti tren kontemporer yang berubah-ubah atau warna populer dari musim yang berbeda. Sebaliknya, desain ini terinspirasi oleh pelopor arsitektur Eropa - arsitektur Yunani kuno. Dengan menghilangkan kelebihan dan kompleksitas sebisa mungkin, desainer mencari keseimbangan sempurna antara garis lurus dan lingkaran yang halus, dan akhirnya memberikan keindahan yang tenang dalam kesederhanaan.

OR, yang berarti option right, mewakili orisinalitas, kebebasan, terobosan, dan aplikabilitas. OR bukan hanya toko fashion multi-brand, tetapi juga inkubator untuk desainer papan atas. Dengan menganut semangat estetika independen dan pemeliharaan diri, OR mengintegrasikan hiburan, perdagangan, seni kontemporer, dan budaya untuk mendefinisikan gaya hidup modis dengan pengalaman luar biasa dan nilai yang konstan.

Desain ini menggunakan struktur anggun dari kolom Yunani, elemen paling menonjol dalam arsitektur Yunani kuno, untuk membentuk garis gerakan yang melingkar. Dengan demikian, setiap orang dapat menyesuaikan jalur geraknya sendiri dan terus menjelajah dan menemukan sendiri. Kolom kayu tidak hanya menyampaikan keanggunan oriental dalam warna, tetapi juga mewarisi struktur gaya Eropa klasik.

Material penutup dinding - travertine kuning, berkontras dengan batu biru toska yang digunakan untuk fasad toko dan kasir yang dihiasi dengan konteks putih yang dalam dan dangkal, menginterpretasikan hubungan dekat antara gunung hijau dan batu bukit, menampilkan keindahan alam dan kemewahan yang terkendali. Suasana yang tenang dan minimalis ditawarkan oleh palet warna yang menenangkan yang dipenuhi dengan banyak kayu pucat dan coklat yang redup.

Desain ini menciptakan interaksi yang menarik dengan sofa perunggu dan batu biru toska yang menonjol dari skema warna kayu keseluruhan, memberikan getaran positif ke ruang tersebut, dan menguraikan napas kemewahan yang halus. Sementara meja display dibuat dari baja tahan karat, sofa kain dan bahan lembut lainnya menciptakan sentuhan lembut. Sementara marmer bertemu dengan suede untuk menciptakan ketegangan, tekstur yang terbentuk secara alami pada yang pertama dan pola kustom pada yang kedua menghubungkan alam dan buatan manusia.

Proyek ini dimulai pada Desember 2021 di Chongqing dan selesai pada Januari 2022 di Starlight 68Plaza, Chongqing. OR mencari cara-cara ekspresi baru yang sesuai dengan tren hari ini, dengan bahasa desain yang lebih muda, menyeimbangkan tuntutan komersial budaya pakaian dan konsumsi pengalaman, untuk menciptakan toko fashion multi-brand yang unik.

Desain ini berhasil mengatasi tantangan bagaimana menyeimbangkan tuntutan komersial budaya pakaian dan konsumsi pengalaman, untuk menciptakan toko fashion multi-brand yang unik dan bagaimana membedakan dirinya dari pasar fashion Chongqing yang sangat kompetitif. Kolom bertingkat dan setengah lengkungan digabungkan, dan secara bertahap mencapai akhir simetri lipatan geometris, membangun rasa perpanjangan waktu dan ruang, memimpin pengunjung untuk menjelajahi bagian dalam.

Desain ini dianugerahi Bronze dalam A' Interior Space, Retail and Exhibition Design Award pada tahun 2023. Bronze A' Design Award diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan kelihaian. Terkenal karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Las Design Las Design
Kredit Gambar: INSPACE, 2022
Anggota Tim Proyek: Las Design Las Design
Nama Proyek: Or Atelier
Klien Proyek: Las Design Las Design


Or Atelier IMG #2
Or Atelier IMG #3
Or Atelier IMG #4
Or Atelier IMG #5
Or Atelier IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang