Hengqin International Financial Center: Menyatukan Tradisi dan Inovasi

Sebuah Karya Arsitektur Aedas yang Menggabungkan Totem Tradisional China dan Perkembangan Arsitektur Kontemporer

Hengqin International Financial Center, sebuah proyek arsitektur yang dirancang oleh Aedas, menampilkan bentuk unik dan kuat yang terinspirasi dari lukisan kuno China "Peta Kowloon". Proyek ini menggabungkan berbagai fungsi dalam satu bangunan, termasuk perkantoran, konferensi, pameran, apartemen, dan ritel, menjadikannya sebagai landmark di Hengqin CBD Island.

Desain Hengqin International Financial Center mengambil inspirasi dari "Peta Kowloon", memberikan bentuk spiral yang unik dan berkesinambungan, naik dari tanah menuju langit untuk mengekspresikan kecepatan, kekuatan, dan vitalitas. Bentuk ini mencoba untuk merepresentasikan konvergensi energi dalam bentuk arsitektur.

Untuk mencapai bentuk unik ini, Aedas menggunakan berbagai teknologi digital. Mereka menggunakan perangkat lunak pemodelan 3D untuk menciptakan bentuk bebas yang berkelanjutan yang memisahkan diri menjadi empat mahkota menara dari bentuk yang elegan. Dengan menggunakan teknologi desain parametrik dan perhitungan kode, panel fasad yang rinci dirancang dan dirasionalisasi untuk mencapai efisiensi penampilan dan ekonomi.

Proyek ini memiliki ketinggian 339,0 meter dengan lebar dan kedalaman lantai tipikal menara sebesar 44,8 meter. Proyek ini dirancang dari tahun 2013 hingga 2015 dan konstruksinya dimulai pada Februari 2016 dan selesai pada Maret 2020 di Zhuhai, Guangdong, PRC.

Tim desain Aedas melakukan penelitian mendalam tentang sejarah lokal dan perkembangan urban Zhuhai. Mereka juga melakukan banyak pengujian desain untuk menangkap gambaran tradisional yang paling cocok untuk situs ini. Untuk berbagai gambaran budaya tradisional, tim desain melakukan studi massal terkait untuk menentukan desain akhir melalui perbandingan dan analisis.

Hengqin International Financial Center berhasil meraih Platinum dalam A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini mengakui desain yang luar biasa, istimewa, dan sangat inovatif yang menunjukkan profesionalisme yang tak tertandingi, kejeniusan, dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Aedas
Kredit Gambar: Image #1: CreatAR Images, 2020. Image #2: CreatAR Images, 2020. Image #3: CreatAR Images, 2020. Image #4: CreatAR Images, 2020. Image #5: CreatAR Images, 2020. Video Credits: Aedas, 2020.
Anggota Tim Proyek: Aedas
Nama Proyek: Hengqin International Financial Center
Klien Proyek: Aedas


Hengqin International Financial Center IMG #2
Hengqin International Financial Center IMG #3
Hengqin International Financial Center IMG #4
Hengqin International Financial Center IMG #5
Hengqin International Financial Center IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang