Teal Sea: Inovasi Desain Lanskap oleh Fu Chu Hsu

Meredefinisi Arsitektur Urban Melalui Integrasi Ekologi dan Estetika

Teal Sea, sebuah proyek desain lanskap oleh Fu Chu Hsu, menawarkan pendekatan inovatif dalam merancang ruang perkotaan. Dengan menggabungkan elemen ekologi dan estetika, proyek ini menciptakan harmoni antara manusia dan alam.

Teal Sea adalah hasil dari 1.600 hari konstruksi yang hati-hati. Proyek ini berlokasi di Wen-Xin Forest Park, Taichung, yang memiliki peran penting bagi kota tersebut, mirip dengan Central Park di New York City. Proyek ini mencakup 10% dari lahan, 60% dari kehidupan, dan 70% dari kesejahteraan publik.

Yang membedakan Teal Sea dari proyek lainnya adalah pendekatan desainnya yang unik. Fu Chu Hsu memutuskan untuk meninggalkan konfigurasi volume tiga gedung tinggi dengan area indoor terbesar dan melepaskan 60% dari lahan sebagai ruang terbuka. Ini memperluas manfaat ekologi perkotaan dan menciptakan pulau ekologi di tengah kota.

Proyek ini menggunakan teknologi canggih dalam realisasinya. Hampir 70% dari seluruh lahan situs dilepaskan untuk penghijauan dan penggunaan publik. Ruang lanskap di sudut jalan dibuka untuk memperluas pandangan dan mengalirkan air, menciptakan ruang yang terbuka dan menyenangkan. Desain ini tidak hanya untuk kepentingan estetika, tetapi juga untuk kontribusi terhadap koneksi ekologi perkotaan.

Teal Sea mencakup area 4200 meter persegi dan dirancang oleh Fu Chu Hsu. Desain ini diinspirasi oleh iklim subtropis di Taiwan yang paling cocok untuk unit perumahan yang menghadap ke selatan. Setiap rumah menghadap ke ruang hijau besar taman dan iklim mikro yang nyaman. Dengan strategi alokasi lahan dan teknik desain taman lanskap, proyek ini menciptakan situasi win-win antara perkembangan arsitektur perkotaan, penyesuaian iklim mikro kehidupan perumahan, dan optimalisasi kualitas ekologi perkotaan.

Proyek ini selesai pada Desember 2019 di Taichung, Taiwan. Selama prosesnya, Fu Chu Hsu menghadapi berbagai tantangan kreatif, teknis, dan penelitian. Salah satu tantangannya adalah menciptakan karya seni publik yang terdiri dari logam berbentuk berlian multifaset di sudut jalan yang menyambut taman dan kerumunan IKEA skala besar. Logam anti-warna di tanah mencerminkan lukisan berwarna-warni pada ukiran, dan perubahan warna di siang hari seperti kaleidoskop.

Teal Sea telah mendapatkan penghargaan Iron dalam A' Landscape Planning and Garden Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan untuk kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Penghargaan ini dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Hsu Fu Chu
Kredit Gambar: Image #1-5: Photographer Chi-Min Wu, Teal Sea, 2019.
Anggota Tim Proyek: Designer: Fu-Chu Hsu
Nama Proyek: Teal Sea
Klien Proyek: Hsu Fu Chu


Teal Sea IMG #2
Teal Sea IMG #3
Teal Sea IMG #4
Teal Sea IMG #5
Teal Sea IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang