Ege: Koleksi Karpet Kilim yang Menggabungkan Tradisi dan Desain Modern

Menghadirkan Keindahan Laut Aegea ke dalam Ruang Interior

Ada dua sumber inspirasi utama di balik Koleksi Ege, yaitu Laut Aegea dan tradisi tenun kilim Anatolia yang telah berabad-abad. Karpet kilim dalam koleksi ini mencerminkan kekaguman terhadap ekspresi visual dan emosional permukaan laut, dengan gerakan yang mengalir dan pantulan warna yang menciptakan efek relaksasi pada psikologi manusia. Dengan Laut Aegea yang biru sebagai inspirasinya, nama untuk seri karpet kilim ini adalah Ege, nama Turki untuk Aegea.

Koleksi Ege adalah serangkaian karpet kilim yang menggabungkan kepekaan tradisi kerajinan kilim Anatolia yang telah berabad-abad dengan pendekatan desain modern, artisinal, dan sensual. Terinspirasi oleh tradisi kerajinan budaya dan keindahan Laut Aegea, koleksi Ege menciptakan ekspresi kontemporer di persimpangan desain, kerajinan, dan seni. Ditenun secara manual oleh pengrajin Anatolia menggunakan 100% wol domba, koleksi Ege bertujuan untuk membawa semangat Aegea yang penuh dengan laut, angin, pasir, dan alam ke dalam ruang interior.

Karpet kilim ini ditenun secara manual oleh pengrajin Anatolia yang terampil dari wilayah Aegea di rumah mereka sendiri, mengikuti teknik kuno tenun karpet kilim. Bahan yang digunakan adalah 100% wol domba Anatolia, yang diwarnai menggunakan pewarna nabati. Proses desain dan produksi mendukung keberlanjutan tradisi kerajinan, serta menghormati alam melalui proses pewarnaan alami.

Spesifikasi teknis dari karpet kilim ini meliputi 100% wol domba Anatolia, ukuran standar 120-180 cm, 150-200 cm, dan 180-240 cm, teknik tenun kilim (teknik tenunan datar), dan dapat disesuaikan ukuran dan warnanya.

Koleksi Ege bertujuan untuk membawa inspirasi, kegembiraan, dan perasaan alam pesisir ke dalam ruang interior. Karpet kilim ini dapat disesuaikan dalam dimensi dan warna sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna, dan dapat ditempatkan di lantai atau dinding. Bahan alami dari wol domba yang dikombinasikan dengan teknik tenunan datar memberikan kehangatan di hari-hari dingin sambil menjaga ruangan tetap sejuk di hari-hari panas. Sifat antibakteri dan antimikroba dari wol mencegah pertumbuhan jamur, lumut, dan bakteri, sehingga membuat karpet kilim ini anti-bau.

Proyek ini dimulai pada musim semi 2018 dan karpet kilim pertama diproduksi pada musim gugur 2018. Sejak itu, banyak karpet kilim yang ditenun dalam berbagai warna dan ukuran. Proses pembuatan satu karpet kilim membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 8 minggu, termasuk proses tenun manual, pembentukan, pencucian, dan penyelesaian. Tahap desain dilakukan di Istanbul, Turki, dan penenunan dilakukan di desa-desa Anatolia di wilayah Aegea. Koleksi Ege menerima penghargaan EDIDA - Elle Decoration International Design Awards di Turki pada tahun 2020.

Penelitian yang mendalam dilakukan mengenai teknik tenun tradisional karpet kilim Anatolia, serta teknik penyelesaian yang digunakan dalam karpet kilim. Desainer mengunjungi desa-desa Anatolia untuk bertemu dengan para pengrajin, guna mengamati dan mempelajari lebih lanjut tentang berbagai teknik tenun. Untuk tahap desain, banyak foto permukaan laut diambil dan diterjemahkan menjadi pola abstrak yang mewakili permukaan laut. Banyak variasi yang diuji coba sebelum desain akhir ditentukan.

Terdapat beberapa tantangan selama proyek ini, seperti memastikan tenunan dilakukan dengan bentuk, warna, dan spesifikasi yang tepat. Setiap pengrajin memiliki gaya dan perbedaan kecil dalam pendekatan tenunan, sehingga tantangan utamanya adalah memastikan desain direalisasikan sesuai yang diinginkan, sambil memberikan ruang bagi individualitas para pengrajin. Hal ini membuat setiap karpet kilim menjadi benar-benar unik dan satu-satunya.

Koleksi Ege adalah serangkaian karpet kilim yang mencerminkan kekaguman terhadap ekspresi visual dan emosional permukaan laut, dengan gerakan yang mengalir dan pantulan warna yang menciptakan efek relaksasi pada psikologi manusia. Mengambil inspirasinya dari Laut Aegea yang biru, koleksi ini menginterpretasikan tradisi tenun karpet kilim Anatolia yang telah berabad-abad dengan pendekatan desain modern, kontemporer, dan sensual. Ditenun secara manual oleh pengrajin Anatolia menggunakan 100% wol domba, koleksi Ege bertujuan untuk membawa semangat Aegea yang penuh dengan laut, angin, pasir, dan alam ke dalam ruang interior.

Paten: 03731. Fulden Topaloglu. 2018. Turki.

Koleksi ini meraih Penghargaan Perak dalam A' Furniture Design Award pada tahun 2021. Penghargaan Perak A' Design: Diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain-desain ini, yang dikagumi karena karakteristik teknis yang kuat dan keahlian artistik yang luar biasa, menampilkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan memperkenalkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Fulden Topaloglu
Kredit Gambar: Fulden Topaloglu
Anggota Tim Proyek: Fulden Topaloglu
Nama Proyek: Ege
Klien Proyek: Fulden Topaloglu


Ege IMG #2
Ege IMG #3
Ege IMG #4
Ege IMG #5
Ege IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang