Quix: Membawa Keajaiban Kopi Italia ke Mesin Vending

Desain yang Menggabungkan Keindahan Italia dengan Kemudahan Vending

Italia terkenal dengan budaya minum kopi yang tak tertandingi. Quix terinspirasi oleh perpaduan antara budaya kopi Italia yang santai dengan kecepatan mendapatkan secangkir kopi. Desain ini menggabungkan nilai-nilai Italia ke dalam identitas visualnya dengan warna dan tekstur yang menghormati era keemasan desain Italia. Pesona vintage-nya membangkitkan pesona Italia dengan aroma kopi premium - karena meskipun hidup berjalan cepat, kita tetap harus meluangkan waktu untuk istirahat dan menikmati hidup. Dolce vita.

Quix adalah mesin vending self-service berkualitas tinggi yang menyediakan minuman panas dan dingin serta makanan ringan, dengan jaminan kualitas produk, dalam bentuk yang menarik. Ketika konsumen mendekati mesin untuk membeli secangkir kopi, Quix segera menciptakan pengalaman visual yang unik di ruang tempat mesin vending tersebut dipasang. Berbeda dengan mesin vending biasa, desain ini menjadi bagian integral dari pengalaman dan segera membawa konsumen ke waktu dan tempat yang berbeda, membangkitkan budaya kopi Italia.

Desain Quix diciptakan dengan memilih warna, tekstur, dan bentuk dari budaya Italia yang menghormati era keemasan desain Italia dan para tokoh besar yang mendefinisikannya. Desain ini mengacu pada tahun-tahun Dolce Vita dengan pesona sedikit vintage yang membawa konsumen ke ruang yang lebih santai. Desain ini unik karena berhasil menangkap essensi estetika Italia dan mengimplementasikannya dalam skala yang lebih kecil - mesin vending.

Cangkir kopi dan poster dicetak menggunakan teknologi warna CMYK dan offset. Mesin vending diberi merek menggunakan foil cetak.

Spesifikasi teknis desain ini adalah sebagai berikut: - Cangkir kopi kecil: 46x60 mm - Cangkir kopi besar: 59x110 mm - Kotak kopi logam: 12x18 cm

Proyek ini dimulai pada Januari 2020 dan selesai pada Agustus 2020 di Rijeka, Kroasia. Sebelum pengembangan konsep, dilakukan penelitian menyeluruh tentang sejarah desain grafis Italia. Prototipe desain diuji pada setiap titik kontak merek untuk memastikan kesesuaian identitas merek.

Tantangan yang dihadapi termasuk pasar yang jenuh dengan produk kopi, kualitas bukanlah keunggulan kompetitif dalam produk mesin vending, dan ruang fisik yang terbatas sehingga ruang untuk menyampaikan pengalaman merek juga terbatas. Kemasan merek dan materi promosi harus dirancang dengan mempertimbangkan anggaran yang terbatas dan desain harus menarik bagi berbagai konsumen - mulai dari mahasiswa (Generasi Z) hingga pekerja manual (Boomer) dan staf kantor (Millennials).

Quix adalah pemenang Silver A' Design Award dalam kategori Grafis, Ilustrasi, dan Desain Komunikasi Visual pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, luar biasa, dan profesional yang menunjukkan keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini, yang dihargai karena karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, menunjukkan tingkat keunggulan yang luar biasa dan menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Anja Zambelli Colak
Kredit Gambar: Anja Zambelli Colak
Anggota Tim Proyek: Anja Zambelli Colak
Nama Proyek: Quix
Klien Proyek: Anja Zambelli Colak


Quix IMG #2
Quix IMG #3
Quix IMG #4
Quix IMG #5
Quix IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang