Memorial: Perhiasan yang Menghormati Para Pahlawan Kesehatan

Desain Unik yang Mengabadikan Pengorbanan Para Petugas Medis

Pada tahun 2020, dunia menyaksikan betapa luar biasanya tahun itu. Tim medis menghadapi banyak masalah akibat pandemi Covid-19. Di tahun ini, pengabdian para pelindung kesehatan seperti medali bagi kinerja masyarakat medis dan akan tetap dikenang dalam sejarah. Ketekunan dan usaha mereka meski lelah dan wajah yang terluka menjadi inspirasi untuk desain dan pembuatan perhiasan Memorial yang menghormati kenangan mereka.

Memorial adalah perhiasan yang memiliki konsep spiritual dan desain minimalis. Bahan yang digunakan dalam motif manusia ini adalah tanah liat perak murni yang sepenuhnya dibentuk dengan tangan dan dibakar dalam oven. Bahan yang digunakan dalam produk ini adalah perak dan metode pembuatannya berbeda dari perak tradisional, karena seluruhnya dibuat secara manual.

Perhiasan Memorial ini terbuat dari tanah liat perak yang dibentuk secara inovatif dan kemudian dibakar. Setiap potongan dibuat dengan tangan dan menghasilkan perhiasan yang unik dan istimewa.

Spesifikasi desain ini adalah sebagai berikut:

Dimensi Kalung: 5 x 1,5 x 0,4 cm

Dimensi Lingkaran: 3,5 x 0,2 cm

Desain Memorial ini memiliki ciri khas berupa bentuk lingkaran yang melambangkan cahaya. Bagian lingkaran ini dapat dengan mudah dilepas dari dukungan utama dan keduanya dapat digunakan secara terpisah.

Proyek ini dimulai pada tahun 2020 dan selesai pada tahun 2021 setelah produksi sampel awal. Desain Memorial didasarkan pada penelitian yang mendalam tentang pengabdian para pejuang sektor kesehatan. Mereka tidak pernah menyerah selama pandemi Covid-19 dan menyembuhkan luka para pasien dengan martabat. Bagian lingkaran pada kalung ini melambangkan cahaya yang mengelilingi para perawat yang telah berjuang selama pandemi Corona untuk melindungi nyawa manusia dan mengorbankan hidup mereka dalam perjalanan ini. Bandolier pada perhiasan ini dan batu permata di dasar karya ini adalah simbol rasa terima kasih kepada staf kesehatan dan penyembuhan.

Tantangan dalam desain dan pembuatan Memorial adalah menciptakan perhiasan modular yang dapat disesuaikan oleh pengguna. Namun, dengan keahlian dan inovasi, tim desainer berhasil mengatasi tantangan tersebut.

Memorial adalah perhiasan yang menghormati para pahlawan kesehatan yang telah mengabdikan hidup mereka selama pandemi Corona. Batu permata di dasar karya ini melambangkan rasa terima kasih kepada staf kesehatan dan penyembuhan. Karya ini memiliki bentuk modular dan terbuat dari perak murni. Keunikan desain ini terletak pada konsep spiritual yang dipadukan dengan struktur minimalis, serta penggunaan warna emas pada segmen halo untuk memberikan keseimbangan dan tampilan desain yang menyenangkan.

Desain ini telah memenangkan penghargaan Iron dalam A' Design Award 2021 kategori Perhiasan, Kacamata, dan Desain Jam Tangan. Penghargaan ini diberikan kepada karya-karya yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Desain ini dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Salomeh sorouri
Kredit Gambar: Salomeh Sorouri, Seyedeh Salvi Samiei Kashi, 2021
Anggota Tim Proyek: seyedeh salvi samiei kashi
Nama Proyek: Memorial
Klien Proyek: Salomeh sorouri


Memorial IMG #2
Memorial IMG #3
Memorial IMG #4
Memorial IMG #5
Memorial IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang