Aurotek Technology: Membangun Masa Depan Industri Manufaktur dengan Arsitektur Ramah Lingkungan

Peng Architects Membawa Inovasi dan Perlindungan Lingkungan ke Industri Manufaktur

Proyek ini menunjukkan bagaimana arsitektur dan teknologi dapat berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan lebih hijau.

Didorong oleh visi inovasi dan perlindungan lingkungan, Aurotek Technology telah mengembangkan produk ramah lingkungan yang berkontribusi pada planet yang lebih hijau. Terinspirasi oleh filosofi perusahaan dan produk tirai peneduh matahari hemat energi, Peng Architects mengadopsi bahan lokal umum seperti batu bata berlubang dan kaca untuk membangun eksterior yang ekonomis dan ramah lingkungan.

Terletak di Kunshan, sebuah kota di Tiongkok yang terkenal dengan industri manufaktur Taiwan, proyek ini membuang stereotip industri manufaktur yang kuno, usang, dan tidak ramah lingkungan. Berdasarkan ide hijau, pabrik ini mengintegrasikan teknologi dan ekologi dan mengejutkan orang dengan karakteristik uniknya.

CFD (Computational Fluid Dynamics) digunakan untuk mengukur aliran ventilasi dan simulasi suhu, dan menghitung jam-jam dimana ventilasi alami dapat digunakan dalam beban indoor yang berbeda. Selain itu, arsitek mensimulasikan lingkungan termal indoor dari berbagai jenis bangunan dalam kondisi iklim dan konstruksi untuk mewujudkan suhu dan kelembaban yang sesuai di setiap sudut bangunan.

Mengikuti filosofi perusahaan tentang penghematan energi dan pengurangan karbon, bangunan seluas 10344 meter persegi ini sendiri adalah model untuk bangunan hijau. Sesuai dengan persyaratan "Standar Evaluasi Bangunan Hijau" (Edisi 2014), bangunan ini mengadopsi standar tiga bintang dari Bangunan Hijau Tiongkok sebagai strategi bangunan hijau, menggunakan kulit bangunan berlubang dan jendela ventilasi boyan untuk meningkatkan pencahayaan alami dan konveksi angin alami pada saat yang sama.

Melalui pengaturan dan kombinasi batu bata berlubang dan kaca, terbentuklah kulit bangunan yang dapat bernafas dengan pencahayaan alami dan fungsi peneduh diri. Desain ini meminimalkan dekorasi kemudian, yang berjalan melalui seluruh proses konstruksi dengan konsep perlindungan lingkungan.

Proyek ini dirancang dari Mei 2014 hingga November 2015, dan dibangun pada April di Kunshan, Jiangsu, Tiongkok. Dengan karakteristik integrasi teknologi dan ekologi, bangunan ini adalah pabrik perakitan mekanis, dengan fungsi utama dari bengkel, dilengkapi dengan sejumlah kecil area kerja.

Sebagai basis produksi industri 4.0 yang memastikan proses produksi untuk menghemat sumber daya dan energi dan merealisasikan revolusi digital, proyek ini adalah situs perakitan produk lengan robot untuk Aurotek Technology. Mulai dari konsep perlindungan lingkungan, dinding luar proyek ini sengaja tidak menggunakan bahan logam berteknologi tinggi, tetapi menggunakan bahan batu bata berlubang yang ekonomis dan ramah lingkungan yang diproduksi secara lokal untuk memperpanjang gaya taman asli.

Desain ini dianugerahi Bronze dalam A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2021. Bronze A' Design Award: Diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengesahkan pengalaman dan sumber daya. Terkenal karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, sains, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Peng Architects Inc.
Kredit Gambar: Peng Architects Inc.
Anggota Tim Proyek: Architect Lead:Pengchien Chang Design Director: Johnny Chen Architect: Zixuan Huang Architect: Weiru Chen Architect: Kai Wang
Nama Proyek: Aurotek Technology
Klien Proyek: Peng Architects Inc.


Aurotek Technology IMG #2
Aurotek Technology IMG #3
Aurotek Technology IMG #4
Aurotek Technology IMG #5
Aurotek Technology IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang