Yunlai: Gelas Teh yang Menggabungkan Keindahan Alam dan Seni

Gelas Teh Yunlai, Karya Siyu Liu

Desainer Siyu Liu menggabungkan keindahan alam dan seni dalam desain uniknya, gelas teh Yunlai. Dalam desain ini, Liu terinspirasi oleh teknologi pembuatan kaca tebal dan sandblasting suhu tinggi, serta pengamatan dan pencatatan selama bertahun-tahun terhadap bentuk awan yang unik di daerah pegunungan di belahan bumi utara dan hubungan visual antara ruang kosong dalam lukisan lanskap. Dengan menggunakan teknologi sandblasting suhu tinggi, cahaya dapat membentuk garis refraksi yang lembut dengan sudut yang berbeda saat digunakan, sehingga mencerminkan perasaan humanistik dan artistik dari lingkungan geografis tertentu.

Gelas teh Yunlai dibuat oleh bengkel kaca handmade. Desainnya menggabungkan unsur humanitas dan seni dengan fungsi sehari-hari. Bahasanya terinspirasi dari simulasi garis awan yang mengalir yang terbentuk oleh transpirasi alami dari lanskap hijau yang unik di daerah tengah di belahan bumi utara. Pada saat yang sama, desain ini mempertimbangkan ergonomi dengan desain yang ramping dan menggabungkan secara organik bentuk awan dengan kontak alami telapak tangan dan sudut pegangan jari.

Gelas teh Yunlai terbuat dari kaca tahan panas. Teknologi kaca tebal dan sandblasting suhu tinggi digunakan untuk mencapai hasil visual dengan transmisi cahaya sebesar 70%. Gelas ini ditiup di bengkel kaca dengan suhu tinggi.

Spesifikasi teknis gelas teh Yunlai adalah lebar maksimum 68mm x kedalaman 52mm x tinggi 51mm.

Gelas teh Yunlai cocok digunakan dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari, seperti untuk minuman dengan suhu, kandungan alkohol, dan teh Kung Fu tradisional yang berbeda. Saat digunakan, Anda dapat mengamati refraksi cahaya dan bayangan seperti awan yang berenang secara tak terlihat dari sudut yang berbeda. Bentuknya juga memberikan pengalaman yang nyaman saat digenggam. Gelas ini dapat dicuci dengan mesin pencuci piring.

Proyek ini diluncurkan di Guangzhou, China pada Januari 2020 dan selesai pada Juni 2020. Gelas teh Yunlai dipamerkan dan termasuk dalam daftar desain asli Tmall dan dijual secara online pada September 2020.

Penelitian yang dilakukan oleh desainer ini bertujuan untuk mempromosikan pemahaman lintas budaya dengan menginnovasi hubungan antara manusia dan objek sehari-hari. Yunlai dalam bahasa Tionghoa berarti awan yang naik perlahan dari hutan pegunungan, yang merupakan gambaran dari lanskap alam di sebagian besar daerah pegunungan di China. Untuk mencapai tujuan ini, desainer menghabiskan waktu yang lama mengunjungi bengkel kerajinan kaca di seluruh China untuk mempelajari kerajinan kaca yang ditiup tangan.

Tantangan terbesar dalam desain ini adalah bagaimana menggabungkan keindahan oriental yang abstrak dengan bahan yang terlalu transparan. Bahan yang terlalu transparan sulit untuk menggambarkan konsep ruang kosong dan ketidakhadiran dalam estetika oriental. Oleh karena itu, desainer terus bernegosiasi dengan bengkel kaca untuk mendapatkan dinding dalam yang lebih tebal dari gelas biasa dan membuat permukaannya mencapai transmisi cahaya sebesar 70% melalui proses sandblasting suhu tinggi.

Gelas teh Yunlai adalah produk handmade dari bengkel kaca panas di Guangzhou, China. Yunlai dalam bahasa Tionghoa berarti awan yang naik perlahan. Desain ini berasal dari penelitian yang menggabungkan teknologi kaca tebal dan sandblasting suhu tinggi dengan ruang awan dalam lukisan lanskap tradisional. Desainer juga mempertimbangkan ergonomi dalam desain yang ramping, menggabungkan kontak alami dan sudut pegangan telapak tangan.

Desain ini memenangkan Penghargaan Perunggu dalam A' Design Award kategori Seni Rupa dan Desain Instalasi pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang mengautentikasi pengalaman dan kecerdikan. Penghargaan ini dihargai karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, serta menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat serta memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas hidup, menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Liu Siyu
Kredit Gambar: Image #1 : Photographer Siyu Liu Image #2 : Photographer Siyu Liu Image #3 : Photographer Siyu Liu Image #4 : Photographer Siyu Liu Image #5 : Photographer Siyu Liu
Anggota Tim Proyek: Liu Siyu
Nama Proyek: Yunlai
Klien Proyek: Liu Siyu


Yunlai IMG #2
Yunlai IMG #3
Yunlai IMG #4
Yunlai IMG #5
Yunlai IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang