Nemoo: Sistem Penangkap Memori Fisik untuk Melawan Amnesia Anak

Menghubungkan Masa Kecil dengan Masa Depan

Oleh Yan Yan

Amnesia anak, juga dikenal sebagai amnesia bayi, adalah ketidakmampuan orang dewasa untuk mengingat memori episodik, yaitu memori tentang peristiwa-peristiwa tertentu, seperti waktu, tempat, konteks emosional, dan konteks lainnya seperti siapa, apa, kapan, dan di mana, sebelum usia 3 tahun.

Untuk melawan amnesia anak ini, Yan Yan, seorang desainer yang berbakat, menciptakan Nemoo, sebuah sistem penangkap memori fisik yang dirancang khusus untuk melacak memori bayi dari perspektifnya selama tiga tahun pertama kehidupannya. Nemoo juga memungkinkan pemulihan momen-momen penting dalam pertumbuhan bayi melalui pemutaran kembali dengan kacamata realitas virtual (VR).

Sistem Nemoo terdiri dari perangkat yang dapat dikenakan oleh bayi, aplikasi, dan kacamata VR. Dengan cara yang sederhana, orang tua dapat memasang Nemoo pada topi bayi untuk merekam memori anak dari perspektif bayi itu sendiri. Ketika orang tua menemukan momen yang berkesan, mereka dapat mengucapkan kata pemicu untuk memulai perekaman. Melalui koneksi Bluetooth, aplikasi mobile Nemoo dapat mengelola pengaturan dan penyimpanan secara remote. Dengan aplikasi Nemoo, rekaman anak ditransfer ke ponsel orang tua dan otomatis diubah menjadi cerita VR yang berkesan. Nemoo juga dapat terhubung dengan lebih dari dua perangkat Nemoo sekaligus.

Nemoo bukan hanya sekadar monitor bayi biasa. Desainnya memperhatikan pengalaman yang lebih mendalam dan imersif melalui fungsi konversi VR. Dalam proses pembuatan model fungsional, tim desain menghadapi tantangan dalam mencetak model kecil dengan komponen elektronik yang rumit. Mereka juga menghadapi kesulitan dalam mencari bahan yang sesuai untuk mencetak model tersebut. Bahan tersebut harus ramah bayi, cukup lembut untuk disentuh oleh bayi, namun cukup keras untuk ditempatkan di pakaian bayi.

Desain Nemoo terinspirasi oleh film Finding Dory. Dalam film tersebut, Dory mengalami kehilangan memori setiap 10 detik. Dengan bantuan temannya, Nemo, Dory berhasil menemukan memori yang hilang dan memulai petualangan epik untuk menemukan orang tuanya. Nemoo membantu pengguna mengambil kembali memori-memori awal mereka. Kemasannya terlihat seperti buku harian dan digunakan untuk mengisi daya dan menyimpan Nemoo, sehingga dapat dijaga dan disimpan di rak buku dalam waktu yang lama.

Nemoo telah meraih penghargaan Iron dalam A' Baby, Kids and Children's Products Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Nemoo dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, memberikan kepuasan dan perasaan positif, serta berkontribusi pada dunia yang lebih baik.

Dengan Nemoo, Yan Yan ingin membangun hubungan antara memori masa kecil dan diri di masa depan, membantu pengguna mengenal diri mereka sendiri dengan lebih baik dan mengambil kembali masa kecil yang hilang.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Yan Yan
Kredit Gambar: Yan Yan
Anggota Tim Proyek: Siyu Zhang, Xiaodong Ma
Nama Proyek: Nemoo
Klien Proyek: Yan Yan


Nemoo IMG #2
Nemoo IMG #3
Nemoo IMG #4
Nemoo IMG #5
Nemoo IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang