Paviliun Meiyuan: Solusi Inovatif untuk Checkpoint Komunitas di Masa Pandemi

THAD Menyajikan Desain Modular yang Efisien dan Ramah Lingkungan

Di tengah pandemi Covid-19, THAD menciptakan Paviliun Meiyuan, sebuah solusi desain modular untuk checkpoint komunitas yang menggabungkan fungsi, estetika, dan teknologi.

Seiring dengan penyebaran Covid-19 pada tahun 2020, pemerintah China menerapkan regulasi ketat untuk keluar masuk wilayah. Komunitas perumahan pun mendirikan checkpoint untuk mengawasi orang luar yang berpotensi membawa virus. Proses pemeriksaan ini memperlambat aliran lalu lintas di checkpoint, menyebabkan kemacetan. Oleh karena itu, THAD menciptakan sistem modular yang cepat dan mudah dirakit, sekaligus menciptakan ruang penyimpanan paket untuk mengalihkan aliran lalu lintas, menjadikannya lebih lancar dan tidak terhambat.

Paviliun Meiyuan terletak di sebuah komunitas tua - Komunitas Meiyuan di Beijing, dan dirakit dengan cepat sebagai checkpoint selama pandemi coronavirus. Paviliun ini menyediakan berbagai fungsi penting bagi warga komunitas, seperti tempat berlindung yang cukup besar, checkpoint suhu, penyimpanan paket, dan tempat istirahat. Paviliun ini terinspirasi oleh bahasa tectonic tradisional China dan ditafsirkan kembali menjadi gambaran modern yang sederhana dan bersih untuk komunitas.

Desain ini diwujudkan sebagai sistem modular yang dapat diproduksi massal dan mudah dirakit. Setiap modul mencakup dua kolom tabung kertas dan dua balok tabung kertas sebagai struktur utama, yang dihubungkan oleh tiga sambungan tenon plywood dan dua basis baja. Terakhir, dua basis baja tersebut ditanam dalam dua kotak bir kayu yang diisi dengan batu. Fondasi ini efektif mencegah kerusakan pada lantai. Teknologi konstruksi mencakup eksperimen tahan air dan tahan api, pengujian lab inovasi struktural, dan fabrikasi digital CNC.

Dimensi paviliun adalah 9880mm x 6860mm; tingginya 3920mm; luas bangunan bruto adalah 55.8sqm; di mana 43sqm adalah lorong, dan 12.8sqm adalah ruang penyimpanan paket. Desainer dengan hati-hati menciptakan tiga sirkulasi independen dalam paviliun berdasarkan fungsi. Misalnya, sirkulasi pejalan kaki yang masuk dipisahkan dari sirkulasi pejalan kaki yang mengambil paket. Oleh karena itu, pengalihan tidak hanya mengurangi risiko paparan virus, tetapi juga meningkatkan efisiensi lalu lintas secara signifikan.

Proyek ini berlokasi di Beijing. Proyek ini dimulai pada Juni 2020, dan selesai pada November 2020. Eksperimen ini mencoba menerapkan bahan baru dan fabrikasi digital untuk meningkatkan kualitas ruang, dan menyediakan ruang interaksi sosial untuk warga komunitas tua. Dari evaluasi pasca huni proyek ini, kita menemukan bahwa di bawah paviliun, para lansia menikmati mengobrol dengan teman, anak-anak suka bermain dengan mainan, pria muda dan wanita suka tinggal sambil menunggu taksi. Selama Tahun Baru Cina, warga bahkan menghiasnya dengan lampion merah dan simpul Cina. Sangat menyenangkan melihat bagaimana arsitektur merangsang interaksi sosial dan vitalitas lingkungan.

Gerbang komunitas tua menghadapi empat tantangan utama. Pertama, ruang terbuka yang terbatas dan aliran pejalan kaki yang tinggi adalah hambatan utama. Kedua, agar tidak membebani komunitas, bahan konstruksi yang ramah lingkungan dan dapat terurai lebih disukai. Ketiga, checkpoint perlu menjalankan tugasnya selama pandemi secepat mungkin, sehingga konstruksi harus selesai dalam 24 jam. Terakhir, lantai harus tetap utuh karena paviliun hanyalah struktur sementara. Selain itu, fondasi yang berdiri sendiri harus dapat memenuhi uji beban angin iklim ekstrem.

Paviliun Meiyuan dirakit dengan cepat untuk checkpoint Komunitas Meiyuan selama pandemi coronavirus. Ini mencoba menerapkan bahan baru dan fabrikasi digital untuk meningkatkan sirkulasi yang macet dan menyediakan ruang interaksi sosial untuk warga komunitas tua. Selain itu, ini mempromosikan bukan hanya gestur yang ramah dan menyambut, tetapi juga rasa memiliki komunitas.

Desain ini telah memenangkan Iron di A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2021. Iron A' Design Award: Diberikan kepada kreasi yang dirancang dengan baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Diakui karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: THAD
Kredit Gambar: Tri-images, Xiaobin Lv
Anggota Tim Proyek: Wei Zhang, Sisi Liang, Guande Wu, Xiaoqian Zhang, Zhonglin Gong
Nama Proyek: Meiyuan Pavilion
Klien Proyek: THAD


Meiyuan Pavilion IMG #2
Meiyuan Pavilion IMG #3
Meiyuan Pavilion IMG #4
Meiyuan Pavilion IMG #5
Meiyuan Pavilion IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang