Chahar Gah: Villa Kontemporer yang Menggabungkan Arsitektur Tradisional dan Inovasi Energi

Nima Keivani Merancang Villa yang Menyatu dengan Alam dan Mengoptimalkan Konsumsi Energi

Chahar Gah, sebuah villa yang dirancang oleh Nima Keivani, menunjukkan bagaimana arsitektur kontemporer dapat berpadu dengan tradisi dan alam, sekaligus memanfaatkan teknologi untuk efisiensi energi.

Keivani terinspirasi oleh arsitektur tradisional wilayah tersebut yang ekstrovert, di mana alam merangkul arsitektur. Berkat pemandangan indah di sekitarnya dan pantai di depan lokasi, ide utama bangunan ini dibentuk dengan ruang gantung yang memiliki pemandangan maksimal dan transparansi. Ruang gantung ini membantu memaksimalkan pemandangan dan kegembiraan ruang tersebut. Cangkang luar bangunan terinspirasi oleh atap tradisional di area tersebut, yang seperti mereka, dibangun di atas ruang utama. Dengan bukaan lebar, kita dapat menikmati alam.

Chahar Gah dirancang untuk beradaptasi dengan kondisi iklim dan pertukaran energi. Bangunan ini menciptakan dialog interaktif antara tirai hunian dan lingkungan: musim dan apa yang diamati alam sepanjang waktu, dan tidak ada topeng antara bagian dalam dan luar, dan meskipun transparan, bangunan ini menjawab masalah privasi. Selain ruang luar dan alam di sekitar bangunan, pengguna juga dapat merasakan hal itu di dalam. Dan sambil memecahkan kekhawatiran energi, penemuan dan intuisi menambah kualitas ruang.

Chahar Gah dirancang dengan teknologi yang memungkinkan bangunan ini untuk beradaptasi dengan kondisi iklim wilayah tersebut. Bentuk bangunan yang memanjang dari timur ke barat dan cerobong asap cangkang luar dirancang untuk sirkulasi udara yang lebih baik. Desain bangunan ini transparan dan berlapis. Penutup luar yang miring yang melindungi ruang interior dan ruang interior yang digantung dalam kotak terpisah di sekitar lorong dan ruang hidup. Upaya telah dilakukan untuk menciptakan ruang kosong di perbatasan umum antara bagian dalam dan luar bangunan; ruang antara untuk menciptakan batas visual, permainan cahaya dan bayangan di interior.

Chahar Gah memiliki luas lahan 2060 meter persegi (panjang 27 meter, lebar 76 meter), total area bangunan 650 meter persegi, dan tinggi maksimum bangunan 14 meter. Bangunan ini dirancang pada Maret 2019 di Tehran/Iran dan konstruksi dimulai pada Februari 2021 di Anzali/Gilan/Iran.

Desain ini adalah hasil dari studi intensif tentang iklim dan arsitektur asli wilayah tersebut, serta cara-cara yang memberikan hasil terbaik dalam hal keberlanjutan dan optimalisasi konsumsi energi. Hasil akhir adalah gabungan dari studi dengan data statistik dan output grafik dari perangkat lunak energi. Wilayah ini memiliki iklim sedang dan dipengaruhi oleh Laut Kaspia dan Pegunungan Alborz dan memiliki curah hujan yang banyak. Sebagai hasilnya, ventilasi alami dan kontrol hujan adalah salah satu masalah terpenting di iklim ini.

Chahar Gah telah meraih penghargaan Iron dalam A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2022. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang baik, praktis, dan inovatif yang memenuhi persyaratan profesional dan industri. Penghargaan ini dihargai karena mengintegrasikan praktik terbaik industri dan karakteristik teknis yang kompeten, mereka memberikan kepuasan dan perasaan positif, berkontribusi pada dunia yang lebih baik.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Nima Keivani
Kredit Gambar: Image #1: by Keivani Architects, main facade, 2019. Image #2: by Keivani Architects, South facade, 2019. Image #3: by Keivani Architects, East Facade, 2018. Image #4: by Keivani Architects, Interior space, 2019. Image #5: by Keivani Architects, Interior space, 2019. Video: by Nima Keivani, Animation
Anggota Tim Proyek: Nima Keivani Sina Keivani Sahar Aminalsharieh Najafi
Nama Proyek: Chahar Gah
Klien Proyek: Nima Keivani


Chahar Gah IMG #2
Chahar Gah IMG #3
Chahar Gah IMG #4
Chahar Gah IMG #5
Chahar Gah IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang