Kursi Lattice: Inovasi Desain Furnitur yang Menggabungkan Kekuatan Kayu dan Fleksibilitas Bambu

Chen Kuan-Cheng Menghadirkan Karya Seni Fungsional dalam Bentuk Kursi

Inspirasi dari air terjun, kursi dengan pola anyaman yang indah ini menggabungkan kekuatan kayu dan fleksibilitas bambu, menciptakan simbolisasi perpaduan budaya Timur dan Barat.

Chen Kuan-Cheng, seorang desainer berbakat, telah menciptakan sebuah karya seni fungsional dalam bentuk kursi yang diberi nama "Lattice Chair". Kursi ini menampilkan pola anyaman yang indah, terinspirasi dari air terjun, yang mengalir ke bawah seolah-olah menggambarkan perpaduan antara kayu dan bambu, serta budaya Timur dan Barat.

Chen Kuan-Cheng berhasil menggabungkan kerajinan bambu ke dalam kerajinan kayu melalui proses anyaman bambu dan kayu yang ditekuk bersama-sama. Dengan mempertahankan dan mengintegrasikan fleksibilitas bambu dan kekuatan kayu, kursi ini memiliki bobot hanya 4 kg, namun dapat menahan beban lebih dari 120 kg. Desain lengan kursi satu sisi memungkinkan pengguna untuk duduk dengan berbagai cara, lebih bebas dan fleksibel, dan bobot yang lebih ringan memudahkan orang tua dan anak-anak untuk memindahkannya.

Kursi ini dibuat dengan menggunakan bambu Moso khas Taiwan dan teknologi bending untuk menyelesaikan pembengkokan sudut kecil yang lebih sulit. Material kayu yang digunakan adalah Ash, bambu rekayasa, dan kayu rekayasa (Formosan Michelia, beech) dengan finishing menggunakan minyak lilin kayu alami.

Proyek kursi Lattice ini dimulai pada April 2019 di Taiwan dan selesai pada Desember 2019. Desainer menghadapi tantangan dalam proses pembengkokan kayu yang juga dapat dipotong dengan berbagai cara dan diubah menjadi kursi lengan ganda atau seri furnitur lainnya.

Kursi Lattice ini telah memenangkan penghargaan Platinum di A' Furniture Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan untuk mengakui desain yang luar biasa, istimewa, dan sangat inovatif yang menunjukkan profesionalisme yang tak tertandingi, kejeniusan, dan berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat. Penghargaan ini diberikan untuk estetika yang mendefinisikan era, mereka mendorong batas-batas seni, sains, desain, dan teknologi, menunjukkan keunggulan yang melampaui batas dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Kursi Lattice ini adalah contoh sempurna bagaimana desain dapat menggabungkan estetika dan fungsi, menciptakan karya seni yang juga memiliki manfaat praktis. Dengan keunikan dan inovasinya, kursi ini tidak hanya menjadi pilihan furnitur yang menarik, tetapi juga simbol dari perpaduan budaya dan teknologi.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Chen Kuan-Cheng
Kredit Gambar: Chen Kuan-Cheng
Anggota Tim Proyek: Chen Kuan-cheng
Nama Proyek: Lattice Chair
Klien Proyek: Chen Kuan-Cheng


Lattice Chair IMG #2
Lattice Chair IMG #3
Lattice Chair IMG #4
Lattice Chair IMG #5
Lattice Chair IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang