LastSwab: Inovasi Swab Berkelanjutan yang Dapat Digunakan Berulang Kali

Desain Ramah Lingkungan yang Menggantikan Penggunaan Kapas Swab Sekali Pakai

LastSwab, produk dari LastObject, adalah alternatif berkelanjutan dan dapat digunakan berulang kali untuk kapas swab sekali pakai. Dengan desain yang unik dan inovatif, LastSwab menawarkan solusi ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari kita.

Setiap hari, 1,5 miliar kapas swab sekali pakai diproduksi dan rata-rata setiap orang menggunakan ratusan kapas swab dalam setahun. Proses produksi kapas swab sekali pakai ini memerlukan banyak sumber daya dan energi, mulai dari penggalian bahan baku, produksi, pengemasan, pengiriman, hingga pembelian oleh konsumen. Setelah digunakan sekali, kapas swab ini kemudian dibuang. Dengan menggunakan LastSwab, kita dapat mengeliminasi kebutuhan untuk memproduksi dan menggunakan sumber daya yang tidak perlu.

LastSwab dirancang untuk digunakan hingga seribu kali dan mudah digunakan, mudah dibersihkan, dan yang paling penting dirancang untuk terasa seperti kapas swab yang biasa kita gunakan. LastSwab tersedia dalam dua versi, versi Basic untuk menggantikan fungsi kapas swab, dan versi Beauty dengan ujung miring untuk mengoreksi make-up. Kedua versi tersebut disertai dengan tempat penyimpanan yang terbuat dari plastik yang berasal dari sampah plastik di lautan, yang juga digunakan untuk batang swab.

Proses produksi LastSwab melibatkan kerjasama dengan Resea Project, di mana plastik yang berasal dari sampah plastik di lautan dikumpulkan dan dibawa ke pabrik di mana plastik tersebut diubah menjadi butiran plastik. Butiran plastik ini kemudian dipress melalui cetakan injeksi dan dimasukkan ke dalam cetakan yang membentuk batang. Setelah itu, batang tersebut dilepas secara mekanis, diputar, dan dicetak ulang. Selanjutnya, ujung yang terbuat dari TPE diterapkan pada batang. Akhirnya, swab dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan, yang mengalami tahap produksi yang sama dengan batang, hanya dalam cetakan yang berbeda.

Desain LastSwab menawarkan tantangan kreatif dan teknis dalam menciptakan sesuatu yang baru, namun tidak memaksa perubahan pada pengguna. Kita semua tahu betapa sulitnya mengubah kebiasaan kita. Jika menciptakan produk yang mengharapkan pengguna untuk mengubah kebiasaan, ada risiko mereka membelinya tetapi tidak menggunakannya. Hal ini akan mengalahkan tujuan dari LastObject. Menciptakan sesuatu yang indah, tahan lama, sederhana, ramah lingkungan, dan mudah dipahami juga penting, tetapi kurang menjadi tantangan.

LastSwab telah mendapatkan penghargaan Golden dalam A' Sustainable Products, Projects and Green Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada kreasi yang luar biasa, menonjol, dan menetapkan tren yang mencerminkan kejeniusan dan kebijaksanaan desainer. Mereka adalah produk dan ide cerdas yang memajukan seni, sains, desain, dan teknologi, mencakup keunggulan luar biasa dan berdampak signifikan pada dunia dengan karakteristik yang diinginkan.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Nicolas Aagaard
Kredit Gambar: Image #1, Photographer Tetiana Kolosko, 2021 Optional Image #1, Photographer Tetiana Kolosko, 2021 Optional Image #2, Photographer Tetiana Kolosko, 2021 Optional Image #3, Photographer Tetiana Kolosko, 2021 Optional Image #4, Photographer Tetiana Kolosko, 2021 Video Credits:Edvinas Maciulevicius and Louise B.Maciulevicius, silksocial.co, 2020
Anggota Tim Proyek: Isabel Aagaard Nicolas Aagaard Kåre Frandsen
Nama Proyek: LastSwab
Klien Proyek: Nicolas Aagaard


LastSwab IMG #2
LastSwab IMG #3
LastSwab IMG #4
LastSwab IMG #5
LastSwab IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang