Patrick Sarran: Menghadirkan Teater Kuliner dengan Guinguet

Sebuah Interpretasi Baru dari "Service au Guéridon" dalam Bentuk Meja Pedestal

Patrick Sarran, seorang desainer terkenal, menciptakan Guinguet, sebuah meja pedestal yang inovatif, sebagai interpretasi baru dari "Service au Guéridon". Dengan desain dan fungsi yang unik, Guinguet membawa pengalaman makan di restoran ke level yang lebih tinggi.

Restoran Odette di Singapura terkenal dengan masakan Prancisnya dan praktik "Service au Guéridon", sebuah metode yang melibatkan persiapan piring di depan tamu dengan etiket dan tata krama yang baik. Metode ini adalah bentuk pertunjukan intim yang dilakukan dengan meja kecil khusus. Patrick Sarran, terinspirasi oleh praktik ini, menciptakan Guinguet, sebuah meja pedestal yang berfungsi sebagai panggung teater mini, ditempatkan sedikit di atas meja, untuk membawa pertunjukan lebih dekat ke tamu, terlepas dari bentuk meja restoran.

Guinguet dirancang dengan prinsip "bentuk mengikuti fungsi", sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Luis Sullivan. Meja ini berada di atas meja yang dimasukinya, baik secara nyata maupun tersirat. Interpenetrasi ini membentuk bentuk kaki depan meja. Desain meja ini menunjukkan proyeksi ini dan bentuknya kemudian mengambil penampilan yang mirip hewan. Seperti pelayan panggung, mereka berbeda warna dan berfungsi sebagai patung yang berdialog.

Produk ini dibuat dari kayu ek, menggunakan teknik tradisional yang direvisi oleh teknologi digital. Meskipun sangat sederhana, dibutuhkan penyetelan halus untuk mendapatkan kekakuan dan stabilitas. Seperti semua furnitur buatan Patrick Sarran, Guinguet dibuat untuk bertahan lama. Ini harus mampu menahan tekanan yang besar dari objek bergerak yang ditujukan untuk restorasi. Meja ini harus dapat diperbaiki dengan mudah menggunakan teknik yang tersedia di mana saja di dunia.

Proyek ini dilakukan di Toulouse, Prancis pada Februari 2019, khusus untuk restoran Odette. Penelitian yang mendasari desain ini berfokus pada kualitas layanan dan gerakan yang disediakan oleh aksesori yang digunakan pelayan. Meja restoran saat ini sering berbentuk bulat. Karena bentuk lingkaran tidak inklusif, tidak ada bentuk sederhana untuk memperbesarnya. Melampaui bentuk ini menciptakan kontinuitas. Ketinggian pelayanan memberikan postur yang lebih baik. Efek panggung membawa lebih banyak perhatian ke pertunjukan.

Desain Guinguet telah memenangkan Penghargaan Desain Perunggu A' pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang luar biasa dan kreatif yang menunjukkan pengalaman dan sumber daya. Diakui karena menggabungkan praktik terbaik dalam seni, ilmu pengetahuan, desain, dan teknologi, mereka menunjukkan keterampilan teknis dan kreatif yang kuat dan berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup, membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Patrick Sarran telah berhasil menciptakan sebuah karya seni yang berfungsi, menggabungkan estetika dan fungsionalitas dalam satu desain. Dengan Guinguet, pengalaman makan di restoran bukan hanya tentang makanan, tetapi juga tentang pertunjukan, interaksi, dan estetika. Ini adalah contoh sempurna bagaimana desain dapat mengubah pengalaman sehari-hari menjadi sesuatu yang luar biasa.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Patrick Sarran
Kredit Gambar: Patrick Sarran
Anggota Tim Proyek: Patrick Sarran
Nama Proyek: Guinguet
Klien Proyek: Patrick Sarran


Guinguet IMG #2
Guinguet IMG #3
Guinguet IMG #4
Guinguet IMG #5
Guinguet IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang