Laguna 182: Menghubungkan Teknologi, Keberlanjutan, dan Kualitas Hidup

Desain Ikonik oleh Thaisa Nascimento Correa

Sebuah desain yang mampu memberikan dampak positif pada ruang perkotaan, kehidupan masyarakat, dan menjadi ikon bagi kota. Laguna 182 adalah sebuah bangunan hunian yang menghubungkan teknologi, keberlanjutan, hubungan pengguna dengan ruang perkotaan, serta memberikan kontak dengan alam, lingkungan yang sehat, dan rasa kebersamaan. Bangunan ini juga bertanggung jawab atas desainnya yang menjadi ikon abadi.

Dengan garis lengkung dan sinuous, Laguna 182 memiliki teras unik yang berpindah posisi di setiap lantainya, sehingga setiap apartemen memiliki taman pribadi. Gerakan ini mengalir secara vertikal di seluruh bangunan, dikelilingi oleh vegetasi alami yang menjadi elemen yang menonjol dalam arsitektur, kualitas hidup, dan berdampak pada hubungan pengguna dengan keberlanjutan, komunitas, arsitektur, dan ruang perkotaan.

Pemilihan material pada desain ini mencerminkan desainnya yang berwarna putih, hijau (dari vegetasi alami), serta marmer yang menambah kesan ringan pada proyek ini. Kayu digunakan sebagai dasar pada lantai pertama, memberikan warna hangat dan menjadi undangan yang menyambut pengunjung di trotoar bangunan.

Laguna 182 terdiri dari bangunan hunian dengan dua apartemen per lantai, total 41 apartemen dengan 14 tipe lantai yang berbeda. Teras dengan struktur beton cantilever menjadi ciri khas dari desain ini.

Desain ini bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan, memperluas rasa kebersamaan, dan menawarkan beberapa solusi, antara lain efisiensi energi, taman perkotaan, konsumsi yang sadar, kenyamanan termoakustik, pengelolaan limbah yang benar, dan daur ulang dengan kerjasama lokal.

Proyek ini terletak di Itajai, Santa Catarina, Brasil, dan dimulai pada Januari 2021 dan selesai pada tahun 2023. Desain ini didasarkan pada penelitian tentang dampak lingkungan terhadap kesehatan dan pengetahuan tentang kebiasaan pengguna. Desain ini mencerminkan arsitektur inovatif dan kontemporer yang mengubah cara hidup di tingkat lokal.

Laguna 182 berhasil mengatasi tantangan kreatif, teknis, dan penelitian dengan menciptakan desain yang menjadi landmark di kota dan sekaligus mempengaruhi gaya hidup penggunanya.

Desain ini telah meraih Silver A' Design Award dalam kategori A' Architecture, Building and Structure Design Award pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada desain yang kreatif, profesional, dan menunjukkan tingkat keahlian dan inovasi yang luar biasa. Desain ini memperlihatkan karakteristik teknis yang kuat dan keterampilan artistik yang luar biasa, serta menghadirkan perasaan positif, kekaguman, dan keajaiban.


Detail dan Kredit Proyek

Desainer Proyek: Thaisa Nascimento Correa
Kredit Gambar: Thaisa Nascimento Correa
Anggota Tim Proyek: Architect: Thaisa Nascimento Correa, BIM Architect: Julia Schauffert Images 3D: Fuel
Nama Proyek: Laguna 182
Klien Proyek: Thaisa Nascimento Correa


Laguna 182 IMG #2
Laguna 182 IMG #3
Laguna 182 IMG #4
Laguna 182 IMG #5
Laguna 182 IMG #5

Baca Selanjutnya di Desain Cemerlang